Apa Saja Manfaat Orang Tua Menemani Anak Bermain?

Karena saking sibuknya, sebagian orangtua tidak memiliki waktu untuk bercengkrama dan bermain dengan anak.

Lebih buruk lagi, ada banyak orangtua yang tidak tahu caranya bergaul dan bermain dengan anak. Alhasil anak lebih dekat dengan teman-temannya daripada orangtuanya sendiri.

 sebagian orangtua tidak memiliki waktu untuk bercengkrama dan bermain dengan anak Apa Saja Manfaat Orang Tua Menemani Anak Bermain?

Anak Bermain | Photo credit: Dreamstime.com / Tatyana Tomsickova

Jika ada waktu, hendaknya temani anak bermain. Adapun untuk orangtua yang tidak punya waktu, maka lakukan manajemen waktu dengan lebih baik lagi sehingga punya waktu untuk anak.

Berikut berbagai manfaat menemani anak bermain:

Mendekatkan Hubungan Batin Orangtua dan Anak
Bermain dengan anak nantinya membuat hubungan semakin erat. Kedekatan anak dengan orangtua merupakan kunci utama untuk tumbuh kembang anak, selain itu juga mencegah perilaku kenakalan dan depresi saat anak tumbuh dewasa.

Saat bermain bersama anak, orangtua jangan hanya hadir secara fisik, tapi hati dan pikirannya juga
harus hadir. Banyak orangtua yang menemani bermain dan menyuapi anak tapi tidak merasakan kedekatan hati. Hendaknya anak menjadi prioritas utama bagi orangtua.

Jangan sampai orangtua lebih suka bersama gadgetnya daripada anaknya.


Mengoptimalkan Daya Pikir Anak
Banyak permainan imajinatif yang sangat bagus seperti lego, menyusun balok menjadi bangunan, main dokter-dokteran, masak-masakan, kasir-kasiran, dsb. Orangtua hendaknya menemani dan ikut terlibat di dalam permainan.

Hal itu karena adanya perbedaan jika anak ditemani orang dewasa (khususnya orangtua) dibandingkan jika anak bermain sendiri.

Permainan imajinatif bisa meningkatkan aspek kognitif, kemampuan berbahasa, sosial dan emosional. Yang hal ini nantinya dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Jika anak bermain sendiri, imajinasinya terbatas (hanya muncul dari yang ada di kepalanya saja).

Tapi jika bermain dengan ditemani orang tua (atau orang dewasa) maka akan ada pengalaman dan ide-ide baru dalam bermain, yang mambuat imajinasi anak lebih berkembang. Orang dewasa juga akan mengajarkan banyak hal penting untuk si anak.

Mendampingi anak saat bermain juga berguna untuk meluruskan pemahaman anak. Anak rentan untuk memiliki imajinasi dan pemikiran yang salah. Orang dewasa akan memperbaiki pemahaman anak yang salah dan mengarahkan ke konsep yang benar.

Walaupun orangtua sangat sibuk, usahakan untuk memiliki waktu menemani anak, setidaknya 20 menit (intinya ada kebersamaan antara orangtua dan anak).

Manfaat Lainnya Menemani Anak Bermain:

  • Orang tua bisa mencontohkan cara bermain yang benar, khususnya jika anak sedang memainkan permainan edukasi.
  • Menemani anak bermain bersama adalah kebutuhan primer anak (ini harus selalu diingat orangtua).
  • Keterlibatan saat menemani anak bermain, membuat Anda bisa menyadari apa saja yang dibutuhkan anak, dan secara akurat bisa mengetahui sejauh mana perkembangan anak.
  • Saat bermain bersama, orangtua punya banyak kesempatan untuk mengoptimalkan perkembangan si Kecil dalam hal kemampuan motorik, sensorik, berpikir, emosi atau sosial.
  • Orangtua bisa menjadi tempat untuk bertanya saat anak kesulitan.¬†
  • Bermain bersama nantinya meningkatkan interaksi antara orangtua dan anak, dan membuat hubungan orangtua dan anak semakin hangat.
  • Jika anak merasa diperhatikan dan dekat dengan orang tuanya, sisi emosional anak akan bisa terarah dan tersalurkan, sehingga mencegah anak melakukan hal-hal negatif.
  • Saat orang tua bermain bersama anak maka akan terjadi komunikasi dua arah. Hal ini membantu anak untuk bisa berkomunikasi lebih baik lagi, khususnya saat anak bergaul di lingkungannya. Anak akan terhindar dari sifat minder.
  • Sering menemani anak menjadikan orang tua bisa menyadari apa saja yang dibutuhkan anak. Sehingga orang tua lebih mampu untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi anak.
  • Kedekatan dengan orangtua membuat anak tambah semangat dalam menjalankan kegiatannya tersebut.
  • Kedekatan dengan orangtua membuat anak lebih percaya diri, karena orangtua biasanya mengajarkan banyak hal yang nantinya berguna untuk anak. Kelebihan yang dimiliki anak ini akan membuatnya lebih percaya diri.
  • Dengan menemani anak bermain, sangat penting untuk membantu imajinasi anak terarah dengan benar.