Manfaat dan Khasiat Bunga Anyelir (Dianthus Caryophyllus)

 Bunga anyelir adalah bunga yang mewan dan juga indah Manfaat dan Khasiat Bunga Anyelir (Dianthus Caryophyllus)
Bunga Anyelir (Dianthus Caryophyllus)
Deskripsi Bunga Anyelir
Bunga anyelir adalah bunga yang mewan dan juga indah. Nama latin bunga anyelir adalah Dianthus caryophyllus. Fungsi bunga anyelir biasanya digunakan sebagai tanaman hias dan juga bunga karangan untuk berbagai kegiatan. Jenis bunga anyelir ini memiliki berbagai macam bunga anyelir warnanya yaitu bunga anyelir merah, bunga anyelir putih, bunga anyelir kuning, bunga anyelir pink dan juga bunga anyelir ungu. Sejarah bunga anyelir ini asalnya dari dataran Mediterania. Filosofi dan makna bunga anyelir dalam setiap warnanya memiliki bebrarapa arti salah satu contohnya arti bunga anyelir putih adalah simbol cinta yang murni, perasaan tidak bersalah, kesetiaan, cinta yang menggebu dan keberuntungan. Bunga anyelir putih juga menandakan rasa syukur yang mendalam. Di Indonesia, bunga anyelir ini juga dikenal dengan nama bunga teluki. Cara menanam bunga anyelir tidaklah sulit. Bunga anyelir ini tumbuh pada daerah dengan suhu sedang 20-27 derajat celcius. Tempatkan tanaman pada daerah yang terlindung dari cahaya matahari langsung. Gunakan media tanam yaitu tanah, kompos dan sekam bayar. Penyiraman bunga anyelir ini sehari sekali pada watu pagi atau sore hari. Kegunaan bunga anyelir tidak hanya digunakan sebagai tanaman hias dan karangan saja namun juga bisa digunakan sebagai tanaman herbal karena tanaman ini mengandung banyak unsur kimia yang dibutuhkan oleh tubuh.
Klasifikasi Bunga Anyelir

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Hamamelidae
Ordo: Caryophyllales
Famili: Caryophyllaceae
Genus: Dianthus
Spesies: Dianthus caryophyllus

Anatomi dan Morfologi Bunga Anyelir
Tanaman bunga anyelir ini memiliki ciri bunga anyelir yang daun majemuk, memanjang, dan tajam, Spesifikasi bunga anyelir  ada yang berkelopak tunggal dan ada yang ganda. Bentuk bunga anyelir tepi mahkota bergerigi, warna bunga putih atau merah muda. Perbanyakan tanaman dengan memisahkan anakan atau biji. Tanaman tumbuh baik di dataran tinggi dan tanah yang subur.  Habitat bunga anyelir adalah pada daerah dengan suhu sedang 20-27 derajat celcius dengan minim sinar matahari. Budidaya bunga anyelir ini dengan biji namun perbanyakan bunga anyelir juga bisa di lakukan melalui tunas yang ada pada ujung tangkai
Kandungan Kimia Bunga Anyelir
Bunga anyelir mengandung saponin, sejenis diancinenosid A,B,C,D,E,F,G, dan H. Arabinopiranosil hederagenin glukopiranosil glukopiranosid, krisoeriol glukosid, isoorientin glukosid, isovitexin glukosid, dan sitosterol glukopiranosid.

Manfaat dan Khasiat Bunga Anyelir Bagi Kesehatan
  1. Diare
  2. infeksi salurah kemih
  3. kencing batu
  4. Sembelit
  5. Pusing
  6. Eksim
  7. Melancarkan buang air kecil
  8. Membersihkan darah
  9. Melancarkan proses melahirkan