Manfa’at dan Khasiat Bunga Bougenville Untuk Kesehatan

at dan Khasiat Bunga Bougenville Untuk Kesehatan Manfa'at dan Khasiat Bunga Bougenville Untuk Kesehatan
Tanaman Bougenville (bougainvillea glabra)

pernahkah anda melihat bunga yang bernama bunga bougenville? kali ini yang akan dibahas adalah Manfa’at dan khasiat bunga bougenville yang baik untuk kesehatan. bunga bougenville
(bougainvillea glabra) adalah tanaman hias yang berasal dari Brazilia. asal nama nya berasal dari nama seorang komodor laut prancis yaitu Louis Antoine de bougainville. bunga bougenville bisa kita temukan diseluruh daerah tropis pada ketinggian sekitar 1-1400 m diatas permukaan air laut. bougenville harus terkena cahaya matahari langsung sepanjang hari, dan menyukai tanah yang gembur yang mengandung pasir.

Klasifikasi bunga bougenville (bougainvillea glabra):

  • pengembangbiakan dengan setek batang, okulasi, cangkok, dan biji.
  • perdu yang memanjat & berbatang kayu (liana), dan duri berbentuk kait.
  • memiliki bunga-bunga kecil menyerupai terompet, dan bunga keluar diujung ranting, tumbuh berkelompok tiga yang membentuk seperti sekuntum bunga. masing-masing bunga mempunyai 1 daun pelindung dengan lebar dan warnanya yang bermacam-macam, ada yang berwarna merah, jingga, ungu, putih, dan kuning.
  • 1 tangkai bunga terdapat 1-7 kelompok bunga.
  • daun tunggal, bertangkai, duduk berhadapan, bentuk bulat telur sampai menyerupai elips, tepi rata, ujung meruncing, panjangnya 4-10 cm, dan lebar 2-6 cm.
  • tinggi bisa mencapai 5-15 m, dengan daun, ranting, karangan bunga dan seringkali memiliki rambut-rambut halus yang berwarna jingga. 
Familia: Nyctaginaceae
Nama daerah: kembang kertas, bunga kertas.
Nama asing: ye zi hua, bougenfill flower.
Sifat kimiawi & efek farmakologis: rasa pahit, hangat, kelat, dan berkhasiat memperlancar sirkulasi peredaran darah.
Bagian yang dipakai: bunga dan batang yang dikeringkan.
Kandungan kimia: betanidin, 6-0-beta-saphoroside, 6-0-rhamnosysophoroside, dan isobetanidin.

Dosis pemakaian:
1. pemakaian luar: 
  • biang keringat, gatal-gatal (pruritus): bunga bougenville, daun lidah buaya (aloe vera), dan sirih (piper betle) dicuci kemudian direbus dengan air secukupnya sampai mengental lalu dioleskan pada bagian kulit yang gatal.
  • bisul: bunga bougenville & daun cocor bebek (kalanchoe pinnata), secukupnya, dicuci bersih, dihaluskan, kemudian ditempelkan pada bisul.
2. pemakaian dalam:

  • keputihan (leucorrhea), nyeri waktu haid (dysmenorrhea): 9-15 gr bunga bougenville direbus dengan menggunakan air 400 cc sampai tersisa 200 cc, disaring, lalu kemudian diminum airnya.
  • sakit waktu haid & darah haid menggumpal: 15 gr bunga bougenville, 15 gr bunga mawar (rosa chinesis), dan 70 gr daun lidah buaya (aloe vera) yang telah dikupas kulitnya, lalu direbus dengan menggunakan air 600 cc sampai tersisa 300 cc air, disaring lalu kemudian diminum airnya 2x sehari @150 cc.
  • terlambat haid: 15 gr bunga bougenville, 15 gr temu item hitam (curcuma aeruginosa), dan 90 gr daun lidah buaya (aloe vera) yang telah dikupas kulitnya, direbus dengan menggunakan air 600 cc sampai tersisa 300 cc, disaring lalu airnya diminum untuk 2x sehari @150 cc.
  • haid tidak teratur: 9-15 gr bunga bougenville, dan 15 gr umbi rumput teki (cyperus rotundus), direbus dengan menggunakan air 400 cc sampai tersisa 200 cc, disaring kemudian diminum airnya selagi hangat.
  • hepatitis: 15 gr batang bougenville direbus dengan menggunakan air 400 cc sampai tersisa 200 cc, disaring kemudian diminum airnya selagi masih hangat.
Catatan: 

  • umbi rumput teki dapat dibeli ditoko obat tionghoa.
  • setiap pengobatan dilakukan secara teratur, untuk penyakit yang berat tetap konsultasikan ke dokter.
terima kasih telah membaca artikel ini..semoga bermanfa’at.