Manfaat Eceng Gondok Untuk Ikan Dan Ekosistem Kolam

Eceng gondok atau dengan nama ilmiah “Eichornia crassipes” merupakan salah satu jenis tumbuhan air yang biasanya tumbuh liar di rawa – rawa ataupun kolam yang tidak terurus namun banyak juga yang sengaja menanamnya dikolam kecil depan rumah untuk dijadikan tanaman hias. Meskipun dibeberapa daerah tanaman ini kadang menjadi salah satu gulma yang dapat menyebabkan saluran air menjadi mampet, jika kita bisa memanfaatkannya dengan benar maka tumbuhan ini justru dapat membawa banyak juga manfaat bagi ikan peliharaan dan ekosistem kolam.

 merupakan salah satu jenis tumbuhan air yang biasanya tumbuh liar di rawa  Manfaat Eceng Gondok Untuk Ikan Dan Ekosistem Kolam

Tumbuhan eceng gondok sangat mudah untuk dikembangbiakan dan pertumbuhannya pun sangat cepat menyebar apalagi jika akarnya telah panjang dan menyentuh dasaran kolam yang ada lumpurnya. Nah bagi anda yang kebetulan memelihara ikan di kolam baik itu ikan nila, ikan koi, ikan lele, ikan cupang, dan sebagainya. Pasti penasaran akan fungsi dan kegunanaanya. Lalu manfaat apa saja yang diperoleh jika kita sengaja menanam tanaman tersebut diatas kolam ikan peliharaan ?  Berikut ini informasinya berdasarkan pengalaman pribadi dan rangkuman dari berbagai sumber.

Manfaat Eceng Gondok Untuk Budidaya Ikan di Kolam

Tempat berteduh dan bersembunyi Ikan

Manfaat pertama eceng gondok bagi ikan yakni bisa menjadi tempat berteduh ikan pada siang hari saat panas matahari. Jika kebetulan kolam ikan berada diarea terbuka dan tidak satu pohon pun dipinggiran kolam sebagai peneduh. Maka cobalah untuk menanam eceng gondok agar melindungi ikan dari sengatan matahari yang terlalu tinggi. Selain itu, eceng gondok juga dapat menjadi tempat berlindung anak ikan dari serangan binatang pemangsa lainnya.

Sebagai Pakan Alami

Tanaman eceng gondok bisa menjadi pakan ikan alami karena akar – akarnya akan menghasilkan lumut yang sangat disukai oleh semua jenis ikan. Selain itu jenis ikan pemakan daun seperti koi atau tawes tentu akan memakan juga daun eceng  gondok yang masuk kedalam air. Semua ini bisa menjadi pakan alternative untuk menghemat pengeluaran meskipun begitu tetap pakan utama pun wajib diberikan.

Tempat pemijahan

Tanaman eceng gondok dapat digunakan sebagai media untuk memijahkan ikan. Namun tidak semua jenis ikan, hanya jenis tertentu misalnya saja ikan cupang.

Penjernih kolam

Eceng gondok pun bisa menjernihkan air kolam secara alami. Ini karena akar – akarnya yang mampu menyerap kotoran. Bahkan di Negara luar seperi Amerika Serikat tanaman ini sudah digunakan untuk menangani limbah air di perkotaan

Nah itulah beberapa manfaat eceng gondok bagi ikan dan kolam. Semoga informasinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita semua.