Tips Berbuka Puasa

Bulan Ramadan merupakan bulan penuh berkah bagi umat Islam. Pada bulan tersebut kita diwajibkan berpuasa sekira 30 hari lamanya. Di bulan ini juga kita diuji agar mampu menjaga sekaligus menahan nafsu pribadi. Nah supaya puasa kita lebih afdol dan barokah, tidak ada salahnya Anda praktikkan tips buka puasa ala kuliner media. 

1. Jangan langsung melahap semua makanan yang tersedia.Hal yang perlu dipertimbangkan yakni saluran pencernaan, dimana sebelumnya dalam kondisi kosong selama kurang lebih 12-14 jam.  Karena itu  supaya tidak terjadi peregangan lambung secara tiba-tiba makan dan minumlah menu buka puasa secara bertahap dengan diawali porsi kecil.

2. Awali dengan memakan atau meminum yang manis. Mengapa? Karena panganan yang g mengandung gula sangat bermanfaat untuk meningkatkan energi sekaligus bisa mencegah asam lambung.

3. Kalau bisa jangan langsung minum air dingin (es), karena akan membuat perut yang kosong menjadi kembung. Air dingin akan membuat asam lambung meningkat. Lebih baik  minumlah air hangat terlebih dahulu.

4. Istirahat sebentar setelah berbuka (membatalkan puasa). Maksudnya jangan langsung memakan makanan super berat seperti nasi dan sejenisnya. Setelah Anda makan atau minum waktu berbuka, pasti perut Anda cepat merasa kenyang, nah jangan langsung diisi lagi. Perut butuh istirahat untuk menyesuaikan diri,  selama waktu rehat, Anda bisa menjalankan shalat Maghrib terlebih dahulu dan setelah itu  barulah makan nasi dan hidangan lainnya.

5. Jangan berlebihan. Jika perut Anda masih terasa lapar setelah berbuka, tetaplah makan secukupnya. Hal ini bisa menghindari rasa kantuk saat shalat Isya. Jika lapar lagi, Anda bisa makan sehabis shalat Tarawih.

6. Jangan tidur terlalu malam serampung buka puasa dan shalat Tarawih. Tubuh butuh waktu yang cukup untuk tidur karena di dini hari nanti Anda akan kembali bangun untuk sahur.

baca juga:
tips sahur agar tubuh tetap bugar
menu buka kolak pisang