22 Kawasan Rekreasi Sekitar Malioboro, Ada Taman Sari

Memasuki hari pertama di tahun 2023, cuaca di Jogja berawan. Sementara arus kemudian lintas di Jogja terlihat lengang, Minggu (1/1/2023).

Sangat banyak destinasi rekreasi sekitar Malioboro yang sanggup traveler kunjungi. Malioboro yakni nama salah satu jalan di sentra Kota YogyakartaMalioboro mungkin sudah menjadi destinasi wajib bagi para traveler di saat berlibur ke Yogyakarta. Pemerintah Hindia Belanda membangun Malioboro selaku kawasan sentra perekonomian dan pemerintahan pada permulaan masa 19.Dilansir dari laman terasmalioboro.jogjaprov.go.id, Malioboro mulai terkenal pada era kolonial (1790-1945). Hingga dikala ini, Malioboro terus bertambah dengan tetap menjaga rancangan aslinya.ah, di sekeliling Malioboro juga ada aneka macam destinasi menawan yang dapat traveler kunjungi

22 Tempat Wisata Sekitar Malioboro

1. Titik 0 Km

Titik 0 Km ini berada di ujung selatan Malioboro. Titik 0 menjadi salah satu spot yang senantiasa ramai dengan wisatawan.Area pedestriannya yang luas ini bisa memuat banyak orang. Titik 0 dihiasi dengan lampu hias dan gedung-gedung bau tanah peninggalan dari kolonial Belanda.

2. Tugu Yogyakarta

Tugu Jogja menjadi salah satu spot favorit para pegiat fotografi. Tugu yang memiliki tinggi 15 meter ini menjadi primadona untuk turis ber-swafoto.Tugu Yogyakarta berada di tengah perempatan Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Jenderal Soedirman, Jalan AM Sangaji, dan Jalan Diponogoro.

3. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta atau disebut juga Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat yakni salah satu destinasi untuk turis yang akan mengenal budaya Yogyakarta. Keraton ini diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwana I pada tahun 1755 silam. Keraton Yogyakarta memiliki luas sekitar 184 hektar yang difungsikan selaku tempat tinggal Sultan.

4. Alun-alun Kidul

Alun-Alun Kidul terkenal dengan ritual masangin-nya yang kerap dianggap mistis. Masangin dijalankan dengan cara berlangsung melintasi celah pohon beringin dengan mata tertutup.Di Alun-Alun Kidul tersebut berdiri kokoah dua pohon beringin yang berdampingan. Berdasarkan mitos yang beredar, orang yang sukses melalui beringin dengan mata tertutup memiliki hati yang higienis nan lapang.

5. Taman Sari

Taman Sari yakni salah satu destinasi yang memiliki bangunan unik dengan memadukan arsitektur Jawa dan Portugis. Taman Sari memiliki luas 10 hektar lebih. Selain itu, Taman Sari memiliki 57 bangunan kuat lainnya, yakni bak pemandian, susukan air, lorong bawah tanah, jembatan gantung, dan bangunan lainnya.

6. Istana Kepresidenan Yogyakarta

Istana Kepresidenan Yogyakarta dipahami juga dengan nama Gedung Agung atau Gedung Negara. Istana ini terletak di Jalan Ahmad Yani, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta.Jika inginberkunjung ke sini, Detikers sanggup tiba saban hari Senin-Jumat pukul 08.00-14.00 Wib. Sedangkan khusus di hari Jumat, tempat ini akan tutup pukul 11.00 WIB.

7. Museum Benteng Vredeburg

Bentuk bangunan Museum Benteng Vredeburg memiliki ciri khas arsitekur Belanda. Berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Yogyakarta, bangunan ini sudah dibangun sejak tahun 1760-an oleh Sri Sultan Hamengku Buwono.

8. The House of Raminten

The House of Raminten yakni suatu rumah makan yang sudah berdiri sejk 26 Desember 2008 silam. Rumah makan ini terletak di Jalan Faridan M Noto No.7, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta.The House of Raminten buka saban hari mulai pukul 09.00-24.00. Di sini menawarkan aneka macam makanan. mirip soto, rawon, dan sekul. Selain itu, minuman yang dipersiapkan juga tak kalah bervariasi, mirip aneka jus, teh, dan kopi.

9. Taman Pintar

Taman Pintar Yogyakarta memiliki aneka macam zona permainan edukatif, mirip wahana ekspresi, apresiasi, dan kreasi sains. Taman cerdik ini berlokasi di Jalan Panembahan Senopati, Yogyakarta.Menariknya, Taman Pintar tergolong taman edukasi terbaik se-Asia Tenggara. Sesuai namanya, di kawasan ini para siswa sanggup memperdalam pengertian materi pelajaran di sini.

10. Sosromenduran

Kampung Wisata Sosromenduran yakni suatu kampung rekreasi yang terletak di Kelurahan Sosromenduran, Gedongtengen, Kota Yogyakarta. Sosromenduran menampilkan beberapa atraksi, mirip barongsai, tari klasik, dan musik keroncong. Di sana juga dijual kaos oblong yang sanggup dibeli selaku suvenir.

11. Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali memiliki banyak koleksi barang-barang yang digunakan dikala perang, mirip senjata, alat transportasi, perlengkapan masak, sampai pakaian. Museum yang berupa kerucut ini berisikan tiga lantai.

12. Soto Ayam Pak Dalbe

Soto Ayam Pak Dalbe yakni suatu tempat makan yang memiliki cita khas rasa gurih dan sedikit manis. Soto yang disuguhkan dengan isian nasi, irisan kol, tauge, bihun, taburan daun seledri, bawang goreng, dan suwiran daging ayam kampung yang empuk.

13. Museum Kereta Keraton

Museum Kereta Keraton Ngayogyakarta ialah museum yang berlokai di sekeliling area Kraton Yogyakarta. Museum ini berisi koleksi kereta kuda milik Keraton Kasultanan Yogyakarta.

14. Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark berlokasi di Jalan Magelang, Km 3, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Sindu Kusuma Edupark ini memiliki beberapa wahana populer, mirip cakra manggilingan, 4D Rider, House of Terror, waterpark, sampai light festival.

15. Gudeg Bromo Bu Tekluk

Gudeg Bromo Bu Tekluk yakni salah satu masakan malam yang buka pukul 23.00 WIB. Menunya sederhana, yakni nasi, gudeg basah, aneka lauk dengan harga Rp20 ribu. Lokasinya Gudeg Bromo Bu Teklul ini berada di Jalan Affandi No. 2A Mrican.

16. Plengkung Gading

Plengkung Gading adaah pintu masuk benteng Keraton Ngayogyakarta di arah Selatan. Bangunan Plengkung Gading berupa gapura yang mirip terowongan.

17. Oseng Mercon Bu Narti

Oseng Mercon Bu Narti menampilkan rasa pedas dari masakannya menghasilkan hadirin rela antre. Berlokasi di Jl. KH Ahmad Dahlan, Gang Purwodiningratan, Yogyakarta dan sudah berdiri sejak tahun 1998.

18. Kebun Binatang Gembira Loka

Gembira Loka memiliki koleksi flora dan satwa yang beraneka ragam. Traveler akan dimanjakan dengan bermacam-macam jenis flora hijau dari pintu masuk sampai keluar.

19. Museum Batik Yogyakarta

Batik sudah menjadi salah satu buah tangan favorit bagi turis dari Yogyakarta. Museum ini berlokasi di Jalan Doktor Sutomo, Bausasran, Danurejan Yogyakarta. Museum Batik Yogyakarta diresmikan pada 12 Mei 1979 silam.

20. Malioboro Mall

Malioboro Mall terletak di Jalan Malioboro No. 52-58, Suryatmajan, Danurejan, Kota Yogyakarta. Mall ini ialah satu-satunya mal yang berada di kawasan Malioboro.

21. Taman Budaya

Taman Budaya menyajikan aneka pertunjukan seni dan budaya, mulai dari ketoprak sampai teater. Taman Budaya ini berlokasi di Jalan Sriwedani No. 1, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta.

22. Pasar Beringharjo

Di sekitar kawasan Malioboro, traveler sanggup mendapatkan tempat rekreasi di Pasar Beringharjo. Traveler juga sanggup membeli batik di pasar ini.Selain itu, masih banyak barang-barang menawan yang dipersiapkan di sini, mirip kaos oblong, totebag, dress batik, sandal batik, sampai suvenir pernikahan.