13 Wilayah Rekreasi Kebumen, Usulan Piknik Kamu

pemandangan untuk menikmati matahari terbit dan matahari terbenam

Tempat rekreasi Kebumen seakan tidak ada habisnya. Berbagai tempat wisata, mulai dari pantai, bukit, kampung penduduk, gua, sampai waduk sanggup ditemui di sini.Dilansir dari laman Kabupaten Kebumen, Kabupaten Kebumen secara administratif berisikan 26 kecamatan dengan luas wilayah sebesar 128.111,50 hektar. Beberapa wilayah di Kabupaten Kebumen merupakan daerah pantai dan perbukitan, sedangkan sebagian besarnya merupakan dataran rendah.Berikut beberapa rekomendasi tempat rekreasi di Kebumen yang wajib detikers datangi untuk melepas penat!

1. Brujul Adventure Park

Kawasan Brujul Adventure Park dulunya dimengerti selaku tempat berkemah. Tempat rekreasi ini berlokasi di Jl. Raya Peniron, Ladang, Peniron, Pejagoan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.Kemudian, pada tahun 2017 destinasi rekreasi ini diresmikan kembali selaku taman rekreasi dengan fasilitas-fasilitas yang lebih modern, menyerupai wahana permainan sepeda layang, flying fox, dan panahan. Terdapat juga gazebo untuk kumpul keluarga.

2. Kebun Bunga Ambal

Kebun Bunga Ambal berlokasi di Desa Ambalresmi, Ambal, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Kebun bunga Ambal ini mulanya cuma suatu tempat pembibitan tanaman. Hingga akhirnya, pengurus Kebun Bunga Ambal lebih berbagi destinasi ini meskipun belum sebesar Kebun Raya Bogor.Fasilitas untuk hadirin kian ditambah, utamanya spot berfoto. Tak cuma bunga matahari, detikers juga sanggup menyaksikan bunga suring, bunga kertas, bunga pagoda, dan masih banyak lagi

3. Pantai Menganti

Pantai Menganti nampak indah dengan hamparan pasir putihnya. Meskipun tak sepopuler di Bali, Pantai Menganti juga sanggup menjadi destinasi yang wajib Detikers kunjungi. Pantai Menganti ini berlokasi di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

4. Bukit Jerit

Bukit Jerit berlokasi di Desa Ketanggung Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Bukit Jerit merupakan salah satu lokasi rekreasi yang dikembangkan oleh warga lokal dengan berafiliasi dengan LMDH. Bukit Jerit merupakan salah satu nirwana tersembunyi untuk para pecinta rekreasi alam. Dari puncak Bukit Jerit, detikers sanggup menikmati hamparan bukit hijau di sekitarnya sekaligus juga panorama Pantai Pamuran yang memiliki batas pribadi dengan Samudra Hindia.

5. Benteng Van der Wijck

Sekitar 20 km di sebelah barat ibu kota Kabupaten Kebumen, berdiri kuat suatu benteng pertahanan Hindia Belanda. Benteng Van der Wijck berlokasi di Jalan Sapta Marga No. 100, Sidayu, Gombong, Sidayu Tengah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.Benteng ini dulunya diresmikan selaku kantor Kongsi Dagang VOC dan memiliki keunikan tersendiri kalau dilihat dari warna dan bentuk bangunannya. Pada tahun 2000, pengurus swasta membuka benteng ini menjadi salah satu destinasi rekreasi di Kebumen yang cukup ikonik

6. Pantai Wedi Putih

Pantai Wedi Putih merupakan pantai yang berbatu berwarna putih yang berpadu dengan karang-karang besar di sekitarnya. Bagi untuk detikers yang suka berlibur ke pantai yang tidak terlampau ramai, maka Pantai Wedi Putih ini sanggup menjadi salah satu pilihan.Pantai Wedi Putih beradad di Argopeni, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

7. Curug Plumbon

Curug Plumbon berlokasi di antara Dusun Grigak dan Plumbon di Desa Plumbon, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Masyarakat lokal biasa menyebut jeram ini dengan nama Curug Kali.Air menekuni ini berisikan dua tingkat dengan batuan kali yang bertumpuk. Kolam di antara undakan air tersebut sanggup digunakan untuk berenang ditemani panorama hijau yang berada di sekelilingnya.

8. Kampung Garam

Kampung Garam diresmikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada tanggal 23 September 2019 lalu. Dulunya, kampung Garam merupakan pusat buatan garam, yang hasilnya menjadi suatu objek wisata. Kampung Garam ini menawarkan rekreasi edukasi proses buatan garam.

9. Gua Petruk

Gua Petruk berlokasi di Dusun Mandayana, Desa Candirenggo, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Dari sekian banyaknya gua di Kebumen, Gua Petruk merupakan gua yang paling dijaga kealamiannya. Bahkan, pengurus sepakat untuk tidak memasang penerangan di dalamnya.Untuk menyaksikan stalaktit dan stalagmit di dalam gua yang didominasi oleh bentuk hidung wayang Petruk ini, hadirin sanggup menggunakan headlamp dan helm khusus yang sudah ditawarkan oleh petugas. Selain itu, semestinya Detikers mengenakan baju tahan air alasannya di dalam gua, banyak genangan air yang mesti kau lewati.

10. Waduk Sempor

Dibalik fungsinya selaku fasilitas irigasi, waduk ini juga menyimpan potensi yang besar selaku objek wisata. Waduk ini terletak di Desa Sempor, Kecamatan Sempor ini menyerupai suatu danau alam yang dipagari oleh perbukitan.Perbukitan tersebut ditanami ribuan batang pohon pinus oleh Perhutani yang dalam waktu tertentu diambil getahnya. Waduk Sempor menjadi tempat rekreasi yang menyuguhkan ketenangan.

11. Pantai Laguna Bopong

Pantai Laguna Bopong terletak di Desa Surorejan, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pantai tersebut, menyuguhkan panorama bahari dengan pasirnya berwarna kecoklatan dibarengi dengan formasi pohon cemara.Di pantai ini, detikers sanggup menyaksikan perpaduan saat air tawar berjumpa dengan air bahari dan laguna yang dipenuhi rumput hijau di tengahnya.

12. Bukit Pentulu Indah

Bukit Pentulu Indah dimengerti selaku lokasi untuk berkemah. Namun, kalau detikers juga sanggup menjajal banyak sekali permainan menyerupai flying fox.Bukit Pentulu Indah merupakan nirwana bagi pemburu sunrise dan penikmat sensasi atas awan. Bukit ini terletak di Jl. Karangsambung, Desa Kaligending, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

13. Pantai Surumanis

Pantai Surumanis sering disebut selaku ‘Tanah Lot-nya Kebumen’ alasannya memiliki pasir coklat kehitaman. Selain memiliki pantai yang indah, dengan pasir hitam kecoklatan yang bersih, Pantai Surumanis juga memiliki topografi berbukit, sehingga menghasilkan hadirin merasa puas alasannya sanggup mencicipi dua situasi rekreasi berlainan dari satu tempat yang sama.