Bagaimana Cara Tepat Memilih Kamus Bahasa Inggris Yang Baik dan Bermutu Sebelum Kamu Membelinya?

Tips Agar Tidak Salah Memilih Kamus Bahasa Inggris-

Sebagai pembelajar bahasa asing, yakni Bahasa Inggris, kebutuhan kamus merupakan hal wajib yang harus dipenuhi. Peran kamus sangatlah penting, karena kamus memberikan segala informasi penting yang berhubungan dengan kosakata, arti kata, cara pelafalan, dan data penting lainnya.
Banyak sekali peredaran jenis Kamus Asing di pasaran. Kalau kamu tidak teliti, maka kamu akan dikecewakan nantinya. Tengok saja, judul – judul kamus yang extreme , seperti “kamus lengkap 85 juta” dengan harga super murah meriah, namun sering kali kita tidak menemukan arti kata yang hendak kita cari. Seperti ini gambarnya:

 Tips Agar Tidak Salah Memilih Kamus Bahasa Inggris Bagaimana Cara Tepat Memilih Kamus Bahasa Inggris Yang Baik dan Bermutu Sebelum Kamu Membelinya?
Mesti Teliti Dalam Memilih Kamus (Photographer by:Eko Wahyudi koleksi-tip)

Jadi, biar kamu nantinya tidak menggerutu setelah keluar dari toko, padahal kamu sudah membayar sejumlah uang, mending kamu mesti hati-hati. Oleh karena itu, simak panduan di bawah ini biar kamu puas dengan kamus yang akan kamu beli.

1. Tips pertama, tentukan kebutuhan mu. Ada beraneka ragam jenis kamus yang terbit, maka jangan asal-asalan membeli. Tentukan terlebih dahulu kamus jenis Bahasa Inggris macam apa yang kamu butuhkan. Ada English Dictionary for public (untuk umum), tourism (pariwisata),medicine ( kedokteran), dan economy (ekonomi), ada pula idiom dictionary (kamus ungkapan).

2. Tips ke dua, cermati fisik kamus. Ada dua tipe kamus berdasarkan fisiknya, yaitu kamus dalam bentuk cetak dan digital. Kamus dalam bentuk cetak merupakan kamus konvensional yang sampai sekarang masih sering kita jumpai. Kamus tipe ini juga beraneka ragam ukurannya, ada yang model saku sehingga mudah untuk dibawa bepergian, ada pula yang berukuran lebih besar -tebal, namun tipe kamus seperti ini tidak nyaman untuk dibawa. Perbedaan ukuran dan ketebalan kamus tersebut juga menentukan kelengkapan data dalam kamus, jadi kamu mesti pintar-pintar memilih. Kalau kamu tipe orang yang praktis, maka penggunaan kamus digital merupakan pilihan yang tepat. Kamus jenis ini lebih fleksibel karena mudah dibawa berpindah-pindah dan tidak memakan tempat. Kekuranganya adalah, sinar yang dihasilkan dari layar telephone genggam atau komputer sering kali membuat mata lelah dan berdampak pada kesehatan mata.

3. Tips ke tiga, kenali tingkat kecakapan Bahasa Inggrismu. ┬áPilihlah kamus berdasarkan kemampuan Bahasa mu. Apakah tingkat bawah, menengah, menengah ke atas, atau tingkat mahir.Jika kamu pemula, maka pilihlah kamus untuk tingkat beginner atau pemula, biasanya dengan terjemahan Bahasa inggris ke Indonesia (Bilingual). Namun, kalau kemampuan Bahasa Inggrismu sudah meningkat, kamu bisa memilih Kamus dengan monolingual (Inggris – Inggris).

Dari tulisan di atas, maka dapat disimpulkan ada tiga kiat penting sebelum membeli atau memilih kamus, yaitu: menentukan kebutuhan terlebih dahulu, mencermati fisik kamus, dan memahami tingkat kemampuan Bahasa mu. Untuk lebih jelasnya, saya tampilkan koleksi kamus Bahasa Inggris milik saya sendiri, seperti ini bentuknya:

 Tips Agar Tidak Salah Memilih Kamus Bahasa Inggris Bagaimana Cara Tepat Memilih Kamus Bahasa Inggris Yang Baik dan Bermutu Sebelum Kamu Membelinya?
Kamus Monolingual Bahasa Inggris (Photographer by:Eko Wahyudi koleksi-tip)

Pada gambar di atas adalah kamus Inggris-Inggris, bentuknya kecil, praktis, bisa dimasukkan ke dalam saku, dan otomatis sangat cocok untuk ditenteng ke mana-mana. Harganya pun termasuk terjangkau untuk kalangan pelajar. Sekarang, saya kasih contoh model kamus Inggris-Indonesia yang reccomended untuk digunakan belajar, seperti berikut ini:

 Tips Agar Tidak Salah Memilih Kamus Bahasa Inggris Bagaimana Cara Tepat Memilih Kamus Bahasa Inggris Yang Baik dan Bermutu Sebelum Kamu Membelinya?
Kamus Inggris-Indonesia (Photographer by:Eko Wahyudi koleksi-tip)

Kamus di atas tergolong kamus yang legendaris, sejak jaman saya SD sampai kerja ini kamus selalu terbit, entah sudah berapa kali cetak. Seperti yang bisa kita lihat, di situ tertulis keterangan “edisi yang diperbaiki”, ini berarti tim penulis dan penerbit senantiasa melakukan inovasi dalam hal isi kamus tersebut. Kalau saya bilang, kamus di atas sangat lengkap kosakatanya, penjelasannya pun sangat mudah untuk di pahami. Selain itu, kamus serupa ini juga menerbitkan kamus Indonesia-Inggris. Meskipun begitu, ukuran kamus ini lumayan gede dan berat, jadi kurang praktis untuk di ajak jalan-jalan hehehe…

Tidak terasa sudah panjang sekali penjelasan saya mengenai berbagai cara untuk menentukan pilihan kamus Bahasa Inggris yang cocok untuk kamu. setelah membaca tipsnya, saya yakin kamu sekarang sudah punya gambaran untuk membeli yang mana. Terlepas dari itu, jangan lupa ya untuk menyesuaikan anggaran keuanganmu. Harga menentukan kualitas barang. Pilihlah kamus dengan kualitas yang baik meskipun harganya agak tinggi. Hal ini bertujuan agar dirimu tidak dikecewakan. Ilmu adalah sesuatu yang sangat bermanfaat. Memerlukan pengorbanan untuk pintar dan berilmu. Tapi, jika keadaan finansial belum mendukung, maka carilah cara lain, semisal: meminjam ke teman atau perpustakaan sambil kamu menabung. Cara lain adalah dengan mencari kamus online gratis.

Pembaca koleksi-tip.blogspot.com yang terhormat, demikian tadi panduan memilih kamus Bahasa Inggris yang baik dan bermutu sebelum membelinya. Tentunya banyak sekali manfaat yang dapat Anda miliki kalau Anda dapat menguasai Bahasa global ini, maka dari itu persiapkan fasilitas penunjang agar Anda dapat semakin menjadi mahir sebagai ahli bahasa dunia, yakni dengan memiliki sarana belajar berupa kamus. Memiliki kamus, sekali lagi, merupakan kebutuhan pokok bagi pembelajar bahasa asing. Semoga tips tersebut bermanfaat. Apabila Anda memiliki pertanyaan/kritik/saran, silahkan Anda tuliskan di kolom komentar di bawah ini. Atas perhatiannya, penulis mengucapkan rasa terima kasih sebesar-besarnya. Sukses buat Anda selalu!