Cara Membuat Susu Kedelai Madu

Cara Membuat Susu Kedelai Madu. Susu kedelai semakin populer di masyarakat karena selain rasanya enak juga bermanfaat untuk kesehatan (ingin mengetahui manfaat kedelai untuk kesehatan baca). Dan kini produk susu kedelai aneka rasa sudah bisa ditemui di supermarket, minimarket, atau warung-warung penjaja makanan. Nah… jika Anda ingin menghemat dan mencoba membuat sendiri berikut resep dan cara membuatnya. 

Susu kedelai semakin populer di masyarakat karena selain rasanya enak juga bermanfaat untu Cara Membuat Susu Kedelai Madu
Cara Membuat Susu Kedelai Madu

Cara Membuat Susu Kedelai Madu

Bahan:

1. Kacang kedelai mentah 1/2 kg.

2. Madu 150 gram

3. Gula pasir sesuai selera.

4. Garam  sesuai selera.

Alat:

1. Kompor

2. Blender

3. Panci

4. Saringan halus

Cara Membuat Susu Kedelai Madu

  • Pertama cuci bersih kedelai dengan air hingga benar-benar bersih, kemudian rebus sekira 15 menitan. Setelah direbus, rendam kedelai dengan air bersih selama kurang lebih 10 jam hingga kedelai kulitnya terkelupas dan kedelai menjadi lunak. Jika kulit kedelai belum benar-benar terkelupas, bisa dicuci kembali sembari diremas-remas hingga semua kulit bijinya hilang.
  • Jika sudah bersih dan terkelupas semua kulitnya, siapkan blender dan haluskan kedelai. Setelah halus, campur hasil blenderan dengan air mendidih secukupnya lalu saring dengan saringan halus. Jumlah air bisa disesuaikan dengan selera untuk menghasilkan kekentalan yang diinginkan sedangkan untuk alternatif saringan bisa menggunakan saringan dari kain halus.
  • Setelah sari kedelai disaring, hasil saringan direbus kembali hingga benar-benar matang. Hal ini perlu dilakukan agar sari kedelai steril dari bakteri. Setelah mendidih, api bisa dikecilkan, lalu diaduk aduk kurang lebih 10-15 menit supaya kedelai tidak mengendap.

Nah pada tahap ini susu kedelai sudah layak minum, jika Anda menginginkan rasa original bisa langsung diminum selagi hangat. Namun jika mengingkan rasa manis bisa ditambahkan gula dan garam secukupnya juga campurkan madu.

Itulah caramembuat susu kedelai madu dan semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda. Eits… agar susu kedelai ini lebih tahan lama bisa disimpan di dalam kulkas. Selamat mencoba…