Makanan dan Minuman untuk Mengatasi Mabuk Alkohol

Makanan dan Minuman untuk Mengatasi Mabuk Alkohol. Minuman beralkohol sudah menjadi konsumsi umum terutama di masyarakat perkotaan. Tuntutan kerja, target, dan pikiran yang habis untuk bekerja tentu saja membuat stres. Di masyarakat metropolis, dugem atau nongkrong di cafe terkadang menjadi pilihan untuk melepas penat dan slow down setelah seharian bekerja. Tak jarang pula minuman mengandung alkohol menjadi pilihan karena bisa merenggankan pikiran untuk sementara. 

Perlu diketahui, banyak pakar kesehatan menyarankan hindari meminum minumam beralkohol karena memiliki efek buruk terhadap kesehatan tubuh. Namun, jika Anda terlanjur mengonsumsinya dan mengalami hangover yakni di mana tubuh tidak lagi mampu mengurai racun dari alkohol yang diminum. Biasanya gejala hangover antara lain sakit kepala, mual, diare, dehidrasi, pusing, emosi tidak stabil, lemas, serta timbul rasa sakit di seluruh bagian tubuh. 


Berikut makanan dan minuman untuk mengatasi mabuk alkohol: 

Air putih
Jika Anda penggemar minuman beralkohol, sebaiknya saat meminumnya diselingi dengan minum segelas air putih, perbandingannya ada yakni  1 banding 1. Hal  tersebut untuk membantu mencairkan alkohol dan mengurangi tingkat racun di dalam tubuh Anda. Air putih sangat penting untuk menjaga rehidrasi tubuh karena minuman beralkohol bisa membuat dehidrasi. Saat Anda mabuk berat di malam hari, minumlah air putih sebanyak-banyaknya karena itu bisa membantu tubuh Anda kembali segar.

Jeruk
Jeruk segar bisa membantu meredakan mabuk Anda. Kandungan berbagai vitamin C dalam jeruk mampu meningkatkan fungsi tubuh dan meningkatkan energi sehingga membuat tubuh menjadi vit kembali. 

Pisang
Saat seorang mengonsumsi alkohol, ia akan sering mondar-mandir ke toilet  Hal itu karena alkohol benar-benar menarik kadar air dari sel-sel tubuh, hingga menciptakan banyak urin. Di samping itu, alkohol juga akan membuat kandungan kalium menurun sehingga tubuh akan mendadak lemah, otot gemetar dan tekanan darah tinggi. Kalium yang hilang bisa dipasok kembali dengan makan buah pisang. 

Tomat
Saat Anda menuangkan aliran alkohol ke dalam tubuh, jantung akan sibuk membantu memertahankan kadar gula darah dalam kondisi norma, menurut National Institutes of Health ( NIH ). Karena glukosa adalah sumber energi utama otak, rendahnya tingkat glukosa bisa menyebabkan kelelahan dan lesu. Akan tetapi, saat seseorang meminum segelas jus tomat ia akan mendapatkan tingkat glukosa normalnya. Di samping itu, kandungan lycopene pada tomat juga ampuh dalam melawan peradangan.

Sayuran
Mengonsumsi sayuran segar sangat membantu karena sayuran mengandung banyak vitamin, mineral, juga zat lain yang bagus untuk tubuh. Semua sayuran baik dimakan untuk membantu bugar kembali, namun ada satu jenis yang direkomendasikan para pakar kesehatan yakni asparagus. Ekstrak asparagus bisa meningkatkan kadar enzim yang memecah alkohol. Karenanya, para ilmuwan percaya makan saat dikondisi mabuk bisa membantu mempercepaT kesadaran seseorang.

Air kelapa
Seorang ahli metabolisme alkohol dan profesor penelitian antropologi di Union College bernama James M. Schaefer, menjelaskan bahwa mengonsumsi air kelapa bisa membantu menyadarkan seseorang dari kondisi mabuk. Hal itu karena air kelapa rendah kandungan gula, dan juga memiliki banyak elektrolit seperti Gatorade yang mengambil bagian dalam proses penyadaran seseorang akibat alkohol

Susu
Minum segelas susu sebelum minum alkohol akan memperlambat penyerapan alkohol oleh tubuh yang berarti senyawa asetaldehida yang masuk bisa diminimalkan. Minum susu juga bisa menghilngkan bau tidak sedap pada mulut setelah Anda mengonsumsi minuman beralkohol.

Yoghurt
Biasanya saat berlebihan meminum alkohol akan menimbulkan rasa mual atau ingin muntah. Hal ini dikarenakan keseimbangan PH-nya terganggu. Yoghurt bisa membantu menyeimbangkan PH Anda kembali.

Madu
Madu mengandung fruktosa, fungsinya yakni untuk memecah unsur racun alkohol yang masuk ke tubuh. Perlu diketahui sebenarnya alkohol sangat menyakitkan bagi tubuh karena minuman ini akan dipecah menjadi asetaldehida (acetaldehyde) yang merupakan senyawa racun bagi tubuh. Dengan meminum madu maka racun asetaldehida akan dikonversi oleh fruktosa menjadi asam asetat (acetic acid) yang kemudian dibakar selama proses metabolisme kemudian dipecah menjadi karbondioksida yang akan dikeluarkan oleh tubuh. Madu bisa jadi sumber kalium dan natrium yang bisa engatasi tubuh untuk melawan alkohol.

Jahe
Jahe dikenal sebagai rempah obat penghilang mual. Jahe juga dipercaya bisa mengurangi radikal bebas dalam tubuh dan merangsang pengeluaran  racun secara cepat. Jadi, minuman berbahan jahe bisa dijadikan alternatif jika efek mual tidak hilang setelah Anda mabuk karena alkohol.

Teh hijau
Teh hijau merupakan antioksidan baik, khasiatnya yakni antibakteri dan anti peradangan.Teh ini mampu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga  membantu tubuh tetap fit dan bisa memproses zat-zat yang berbahaya bagi tubuh.

Kopi
Efek dari mabuk biasanya kepala akan pusing. Hal itu karena adanya penarikan kafein dalam tubuh. Karenanya, mengonsumsi kopi bisa jadi jalan keluar untuk membantu mengatasi rasa sakit kepala akibat mabuk.

Roti panggang gosong
Roti panggang gosong memiliki efek anti racun. Dalam dunia medis, orang dirawat karena keracunan alkohol biasanya diberi bubur karbon yang dipompakan ke dalam perut mereka. Hal tersebut dilakukan karena karbon yang terdapat dalam roti gosong bisa membantu menyaring kotoran dalam tubuh

Telur
Telur memiliki asam amino yang bisa memecah racun dalam tubuh. Plus, telur juga mengandung  vitamin B , yang berdasarkan studi di Annals of Internal Medicine tersebut mengatakan bahwa telur dapat mengurangi gejala mabuk,”kata Monica Reinegel seorang ahli nutrisi.

Baca juga artikel terkait:
MAKANAN UNTUK PEROKOK BERAT
MAKANAN UNTUK KESEHATAN OTAK

Nah itulah beberapa makanan dan minuman yang bisa membantu Anda jika mengalami mabuk berat setelah mengonsumsi minuman beralkohol. Sebagai saran, sebaiknya bagi yang belum pernah minum minuman beralhokol, tak usah mencobanya. Karena minuman disamping efek sementara yang menenangkan, kandungan alkohol memiliki efek buruk bagi kesehatan untuk jangka panjang. Namun bagi terlanjur, beberapa makanan dan minuman tersebut bisa menjadi solusi. Semoga artikel Makanan dan Minuman untuk Mengatasi Mabuk Alkohol ini bermanfaat untuk Anda.