Manfaat Alang Alang Untuk Ginjal, Rebus Akar Lalu Minum !!!

Alang – alang atau disebagian daerah menyebutnya dengan ilalang mungkin dizaman sekarang terkenal akan manfaatnya untuk mengobati radang tenggorokan, itupun karena iklan salah satu produk obat panas dalam yang salah satu bahannya menggunakan ekstrak alang – alang untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Namun ternyata alang – alang juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan dan pengobatan, salah satunya untuk mengobati radang ginjal. Bagaimana cara mengolahnya ?

Radang ginjal atau istilah medisnya disebut nefritis adalah salah satu gangguan organ ginjal yang disebabkan oleh infeksi atau gangguan autoimun. Salah satu jenis radang ginjal yang sering diderita yakni Glomerulonefritis, dimana ginjal tidak dapat melakukan fungsinya untuk menyaring serta membuang limbah racun dalam tubuh.

Radang ginjal biasanya disebabkan oleh infeksi entah itu bakteri maupun virus, namun ada juga akibat penyakit lain seperti diabetes, tekanan darah tinggi, atau bahkan gagal ginjal kronis. Rusaknya organ ginjal ini menyebabkan sel darah merah dan sel darah putih bercampur dengan air seni sehingga penderita akan mengalami sulit kencing atau bahkan sebaliknya yang kadang malah sering ingin buang air kecil.

Pengobatan radang ginjal dilakukan oleh medis dimulai dari beberapa tahapan seperti cek fisik pasien, tes urine, pemindaian, hingga pemberian obat. Alternatif lainnya anda juga dapat menggunakan pengobatan herbal yang alami menggunakan bahan herbal seperti daun kumis kucing, daun sambiloto, daun sukun, serta yang tidak kalah berkhasiatnya yakni akar alang – alang.

Baca juga : Manfaat kedelai untuk obat sakit ginjal 

Selain mengobati radang ginjal, akar tanaman alang – alang juga sangat berkhasiat dalam mengobati berbagai macam radang lainnya seperti radang tenggorokan, radang amandel, dan radang hati.

 alang atau disebagian daerah menyebutnya dengan ilalang mungkin dizaman sekarang terkenal Manfaat Alang Alang Untuk Ginjal, Rebus Akar Lalu Minum !!!

Manfaat Akar Alang Alang Untuk Ginjal 

Berikut ini cara menggunakan akar alang alang untuk mengobati radang ginjal menurut buku tanaman herbal.

Cara mengolah alang – alang untuk ginjal

  • Sediakan akar alang – alang yang telah dikeringkan terlebih dahulu (dijemur)
  • Tumbuk sampai benar – benar halus
  • Kemudian rebus 1 sendok bubuk akar alang – alang tersebut dengan menggunakan 3 gelas air
  • Biarkan mendidih hingga menjadi 1,5 gelas

Cara mengkonsumsi :

  • Minum air rebusan tersebut 3 kali sehari

Nah itulah manfaat dari akar alang – alang untuk mengobati radang ginjal, semoga informasinya dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua dalam bidang tanaman herbal.