Manfaat dan Khasiat Genjer

 tanaman genjer juga dikenal dengan banyak sebutan Manfaat dan Khasiat Genjer
Genjer atau paku rawan (Limnocharis flava)
Di berbagai daerah , tanaman genjer juga dikenal dengan banyak sebutan, diantaranya : haleyo (batak), eceng (melayu), genjer, saber (sunda), dan centongan (jawa). sebagian orang menganggap genjer identik dengan kemiskinan, karena banyak diambil dari pinggiran sawah, empang, danau secara gratis karena merupakan tanaman liar. Padahal tanaman sayur genjer ini banyak manfaatnya baik dari unsur kandungan gizi yang baik juga banyak serat untuk kesehatan saluran cerna kita.
Tanaman genjer juga bisa dijadikan resep tradisional untuk menambah nafsu makan dan melancarkan pencernaan. Kalau kita mau mencari dan ingin memasak sayur genjer sekarng jangan kuatir, gak perlu repot lagi mencari kesawah, karena biasanya terkadang ditukang sayur ada yang jualan apalagi disupermarket sayur-sayuran yang jarang ada dipasaran malah ada dan lengkap, silahkan saja mencari disana.
ciri-ciri tanaman genjer, yaitu : daun berwarna hijau dengan lapisan lilin sehingga terlihat mengkilat. batang tanaman ini berpori- pori halus mirip batang isang, karena merupakan tanaman air. sifat sayur genjer ini liat dan lezat. Biasanya daun dan bunga genjer dijadikan menu masakan dengan rasa yang enak, untuk daunnya biasanya dipilih daun yang muda, sedangkan untuk bunganya dipilih yaitu, bunganya yang kuncup bulat sedikit panjang di ujungnya, juga diambil yang belum mekar. biasanya tanaman sayur genjer ini dijadikan masakan, seperti, tumisan, pecel, campuran gado-gado / pecel dan juga sayur bobor.
Kandungan Genjer :
Manfaat dan Khasiat Tanaman Adas (Foeniculum vulgare P. Mill)

style="text-align: justify;">

Unsur gizi yang dikandung tanaman sayur genjer ini , setiap 100g genjer mengandung energi 39 kkal, 1,7 g protein, 7,7 karbohidrat, 62 mg kalsium , 33 mg fosfor, dan 2.1mg zat besi . Selain enak tanaman genjer ini kaya akan serat, sehingga baik untuk menjaga saluran pencernaan kita, jika kita rajin untuk mengkonsumsinya. Daun dan bunga genjer mengandung kardenolin, daunnya juga mengandung flavonoida dan polifenol. 
Manfaat dan Khasiat Tanaman Genjer Untuk Kesehatan
1. Sebagai obat penambah nafsu makan
Caranya 15 g daun genjer segar dicuci dan dikukus sampai setengah matang, lalu dimakan sebagai lalapan.
2. Sebagai obat kesehatan saluran cerna
Sayuran genjer ini kaya akan serat sehingga menjaga saluran cerna, jika rajin mengkonsumsi sayur ini dipercaya kangker kolon dan sembelit akan jauh dari anda.