Manfaat dan Khasiat Tanaman Jamblang (Syzygium Cumini L. Skeels)

 Tanaman jamblang adalah tanaman pohon tinggi yang hidup Manfaat dan Khasiat Tanaman Jamblang (Syzygium Cumini L. Skeels)
Tanaman Jamblang (Syzygium Cumini L. Skeels)


Deskripsi Tanaman Jamblang

Tanaman jamblang adalah tanaman pohon tinggi yang hidup sekitar kita. Nama latin tanaman jamblang Syzygium Cumini L. Skeels. Sedangkan dalam bahasa inggris tanaman jamblang memiliki nama Java Plum. Tanaman jamblang berasal dari Asia dan Australia Tropik.  Fungsi dan kegunaan tanaman jamblang bagi sebagian masyarakat digunakan untuk diambil buahnya untuk dimakan secara lansung dan pohonnya digunakan sebagai tanaman peneduh di depan rumah, Tanaman jamblang memiliki ciri-ciri daun lonjong berwarna hijau dengan buah yang berbentuk bulat lonjong kecil seperti telur yang berwarna hitam. Buah tanaman jamblang memiliki rasa asam, manis dan sedikit sepet. Tanaman jamblang ini ternyata juga memiliki manfaat dan khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang ada di tubuh.

Klasifikasi Tanaman Jamblang
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Myrtales
Famili: Myrtaceae (suku jambu-jambuan)
Genus: Syzygium
Spesies: Syzygium cumini (L.) Skeels

Nama Daerah Tanaman Jamblang
  • Sumatra : Jambe kleng, Jambu Kling, Jambu Kalang.
  • Jawa : Jamblang, Juwet, Duwet, D Manting, Dhalas, D. Bato, Dhuwak.
  • Nusa Tenggara : Juwet, Jujutan, Klayu, Duwe, Jambulan
  • Sulawesi : Raporapo Jawa, 
  • Maluku : Jambula
  • Melayu : Jamlang, Jambelang, Duwet
Anatomi dan Morfologi Tanaman Jamblang
Tanaman jamblang merupakan tanaman buah dari keluarga tanaman Myrtaceae. Tanaman jamblang hidup pada pekarangan rumah dan terkadang juga tumbuh secara liar di hutan. Tanaman jamblang dapat tumbuh pada daerah dataran rendah sampai ketinggian 500 m dari permukaan laut. Tanaman jablang pohonya tumbuh tegak dengan tinggi 10 sampai 20 m. Batang tanaman jamblang bertekstur keras berkayu dengan banyak percabangan. Daun tanaman jamblang bertekstur tebal berbentuk bulat lonjong dengan tulang daun yang ada di tengah dan sedikit dibagian kanan dan kiri tulang daun. Daun tanaman jamblang berwarna hijau muda dan kadang hijau tua. Bunga tanaman jamblang ini majemuk berbentuk malai dengan cabang yang berjauhan. Bunga tanaman jamblang muncul di ketiak daun dan di ujung percabangan yang daunnya jarang. Kelopak bunga tanaman jamblang berbentuk mirip seperti lonceng berwarna hijau muda. Mahkota bunga tanaman jamblang berbentuk bulat sedikit lonjong dengan banyak benang sari, berwarna putih, . Buah tanaman jamblang seperti buah buni yang bentuknya bulat lonjong memanjang, dengan ukuran panjang 2-3 cm, masih muda hijau, setelah tua atau masak  berwarna merah tua keunguan. Biji tanaman jamblang satu, bentuknya lonjong seperti telur dengan tekstur yang keras dan berwarna putih. Tanaman jamblang berkembang biak dengan cara biji dan stek batang.

Kandungan Tanaman Jamblang
Tanaman jamblang mengandung minyak asiri, fenol (methylxanthoxylin), Buah tanaman jamblang mengandung resin yang berwarna merah tua mengandung asam elagat, alkaloid (jambosine), asam organic, triterpenoid, dan tanin.
Manfaat dan Khasiat Tanaman Jamblang Untuk Kesehatan

  • Tanaman jamblang untuk mengobati penyakit diabetes (Kencing Manis).
  • Tanaman jamblang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit sesak napas (asma) dan batuk kronis. 
  • Tanaman jamblang berguna untuk mengobati penyakit diare.
  • Tanaman jamblang berkhasiat untuk obat penyakit gangguan pencernaan seperti kembung, nyeri lambug, keram perut.
  • Tanaman jamblang digunakan untuk menyembuhkan penyakit pembesaran limpa.
  • Tanaman jamblang digunakan untuk mengobati penyakit batuk rejan, batuk pada TB paru disertai nyeri dada.
  • Tanaman jamblang berkhasiat untuk mengobati penyakit sariawan.

Catatan

Konsumsilah herbal tanaman jamblang ini dengan bijak dan sesuai takaran.