Manfaat dan Khasiat Tanaman Jeruk Bali (Citrus Maxima Merr)

 Tanaman jeruk bali adalah tanaman buah yang sering kita jumpai disekitar kita Manfaat dan Khasiat Tanaman Jeruk Bali (Citrus Maxima Merr)
Tanaman Jeruk Bali (Citrus Maxima Merr)

Deskripsi Tanaman Jeruk Bali

Tanaman jeruk bali adalah tanaman buah yang sering kita jumpai disekitar kita. Tanaman jeruk bali ini biasanya dapat ditemukan di pekarangan rumah, ladang, dan tempat lainnya. Nama latin jeruk bali adalah Citrus Maxima Merr. Sedangkan dalam bahasa inggris tanaman jeruk bali memiliki nama Pummelo, Grape Fruit, dan Shaddock. Menurut sejarah tanaman jeruk bali ini berasal dari daerah Asia Tenggara dan Asia Selatan. Tanaman jeruk bali ini tersebar di Indonesia, Malaysia, Thailand India, China, Jepang, Philipina, dan Amerika. Ciri-ciri tanaman jeruk bali ini memiliki buah berbentuk bulat sebesar bola sepak  dengan ukuran pohon yang cukup besar. Fungsi dan kegunaan tanaman jeruk bali bagi sebagian masyarakat buahnya digunakan untuk makanan sedangkan kulit buahnya digunakan untuk mainan. Namun yang tidak kita sadari ternyata tanaman jeruk bali ini memiliki berbagai manfaat dan khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit yang ada ditubuh.
Nama Daerah Tanaman Jeruk Bali
Sunda : Jeruk Delima
Jawa : Jeruk Karag, Jeruk Adas, Jeruk Bali, Jeruk Macan, Jeruk Rawa.
Klasifikasi Tanaman Jeruk Bali
Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoliphyta
Kelas : Magnolipsida
Ordo : Sapindales
Famili : Rutaceae
Genus : Citrus
Spesies : Citrus Maxima Merr
Anatomi dan Morfologi Tanaman Jeruk Bali
Tanaman jeruk bali merupakan salah satu jenis dari tanaman dari marga tanaman jeruk atau limau (Citrus). Tanaman jeruk bali ini pohonnya berukuran 5-15 m. Percabangan tanaman jeruk bali rendah dan menyebar.  Tanaman jeruk bali memiliki bentuk daun yang bundar seperti telur sampai jorong dengan ukuran panjang 5-20 cm dan lebar 2-12 cm, terdapat bercak-bercak kelenjar minyak, pangkal membendar sampai agak menjantung, tepi daun tanaman jeruk bali rata sampai bergerigi, ujung daun meruncing menumpul, tangkai daun bersayap melebar, sayap berbentuk jantung terbalik. Bunga tanaman jeruk limau muncul pada ketiak daun dengan satu atau beberapa bunga yang menggelompok. Tanaman jeruk bali memiliki bunga yang besar, daun pada mahkota bunga tanaman jeruk bali berwarna putih. Buah tanaman jeruk bali berbentuk bulat memiliki diameter 10-30 cm berwarna kuning kehijauan. Buah tanaman jeruk bali ini berkulit tebal bagian dalam merah jingga dengan di dalamnya ada beberapa biji yang agak besar. Tanaman jeruk bali ini berkembang biak dengan dua cara yaitu stek dan biji.  Habitat tanaman jeruk bali ini berada pada wilayah yang mempunyai sinar matahari yang cukup banyak dan sedikit curah hujan dengan ketinggan 300m sampai 1400 m dari permukaan air laut.
Bagian Tanaman Jeruk Bali yang Digunakan
Buah
Kandungan Tanaman Jeruk Bali
Tanaman jeruk bali mengandung flavonoid, pectin dan likopen
Manfaat dan Khasiat Tanaman Jeruk Bali Untuk Kesehatan
  1. Tanaman jeruk bali untuk menurunkan kolestrol
  2. Tanaman jeruk bali bermanfaat untuk obat anti kanker
  3. Tanaman jeruk bali berkhasiat untuk mengobati orang depresi (Antidepressant)
Catatan
Konsumsilah herba tanaman jeruk bali ini dengan bijak dan sesuai takaran