MANFAAT DAUN SALAM, OBAT ASAM URAT ALAMI

Pernah terkena Aam Urat? Iseng-iseng cari obat herbal untuk asam urat karena teman kantor ada yang mengeluh sakit asam urat dan kemaren baru pulang berobat dari luar negeri.
Obat Asam Urat ternyata banyak yang berasal dari tumbuhan / dedaunan , selain daun ajaib Binahong, bisa juga dengan Daun salam yg biasa dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sebagai pelengkap bumbu dapur.
Pohon salam dapat juga mengobati asam urat (Syzygium polyanthum) yang biasa tumbuh liar di hutan dan dipegunungan bisa mencapai ketinggian 25 meter dan lebar pohon 1,3 meter.salah satu temuan Menurut Prof Hembing Wijayakusuma dalam bukunya Tumbuhan Berkhasiat Obat: Rempah, Rimpang, dan Umbi, pohon salam memiliki berbagai khasiat obat yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Pohon salam bisa dimanfaatkan untuk mengatasi asam urat, stroke, kolesterol tinggi, melancarkan peredaran darah, radang lambung, diare, gatal-gatal, kencing manis, dan lain-lain.
Kandungan kimia yang dikandung tumbuhan ini adalah minyak atsiri, tannin, dan flavonoida. Bagian pohon yang bisa dimanfaatkan sebagai obat adalah daun, kulit , batang, akar, dan buah.
Mengatasi asam urat yang tinggi, 10 lembar daun salam direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat. Mengatasi stroke, 10 lembar daun salam dan 50 gram jantung pisang dibuat masakan sesuai selera lalu dimakan.
Bagi penderita kolesterol tinggi, 7 lembar daun salam dan 30 gram daun ceremai direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian arinya diminum secara teratur. Untuk melancarkan peredaran darah, 7 lembar daun salam dan 30 gram daun dewa segar direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 350 cc. Lalu ramuan disaring dan diminum sebanyak dua kali sehari.