Sekilas tentang buah zaitun, buah paling sehat di alam raya

Buah zaitun berbentuk oval dan berukuran kecil. Rasa buah zaitun adalah pahit. Buah zaitun berwarna hijau ketika belum matang dan berwarna hitam ketika matang. Buah ini sangat populer di Eropa dan Benua Amerika dan biasa digunakan untuk makanan danminyak.

Ini gambar ketika belum matang:

 Buah ini sangat populer di Eropa dan Benua Amerika dan biasa digunakan untuk Sekilas tentang buah zaitun, buah paling sehat di alam raya 

Dan ini yang sudah dapat dipetik:

 Buah ini sangat populer di Eropa dan Benua Amerika dan biasa digunakan untuk Sekilas tentang buah zaitun, buah paling sehat di alam raya 

Minyak zaitun adalah ekstrak dari buah zaitun, alias jus dari buah zaitun. Apabila kebanyakan buah diambil ekstrak dengan cara dimasak(dipanaskan/direbus), maka buah zaitun diperlakukan dengan cara yang berbeda. Artinya bahwa buah zaitun dipetik dandiperas dan tidak direbus sebelum diremasItulah mengapa begitu sehat dan digunakan dalam masakan terbaik di seluruh dunia.


Ada 3 jenis minyak zaitun:

  1. Ekstra virgin: minyak murni dengan rasa yang sangat baik dan tingkat asamrendah;
  2. Virgin: minyak dengan rasa yang sangat baik dan tingkat asam yang lebih tinggi;
  3. Normal: ini terdiri dari campuran minyak zaitun sulingan dan minyak antara ekstra virgin dan virgin 

Kualitas dan rasa dari minyak zaitun dipengaruhi oleh faktor-faktor geografis seperti tanah atau wilayah serta cuaca selama musim-musim tertentu. Kualitas dari minyak zaitun juga banyak dipengaruhi oleh perawatan yang dilakukan oleh petani maupun produsen. Ada minyak zaitun dengan rasa yang begitu kuat, ada yang beraroma sangat lembut, pedas, ada juga yang memiliki rasa seperti rumput dan ada juga yang memiliki rasa seperti kacang. Tidak ada minyak zaitun yang memiliki rasa yang sama. Begitu juga dengan warna. ada yang berwarna kuning dan hijau. Warna dari minyak zaitun tidak menggambarkan mengenai kualitas dari minyak tersebut tapi lebih kepada waktu dari buah zaitun dipanen.



Di negara-negara Mediterania di dataran Eropa, orang-orang banyak mengonsumsi minyak zaitun. Biasanya mereka mengonsumsi dengan makan roti yang biasa ataupun roti tawar yang dicelupkan ke minyak zaitun. Karena penggunaan minyak zaitun dalam kehidupan sehari-hari, maka orang-orang di negara-negara Mediterania sedikit mengalami penyakit jantung dibandingkan dengan negara-negara lain di dataran Eropa. Penggunaan minyak zaitun memiliki efek positif pada tingkat kolesterol dalam darah kita.


Karena buah zaitun tumbuh dalam lingkungan yang hangat dan harus melindungi diri dari panas dan sinar matahari cerah, maka buah zaitun banyak mengandung zat seperti fenol.Zat-zat ini mungkin bisa memainkan peran dalam pencegahan dan penyembuhan trombosisdan arteriosklerosis. Orang sering mengatakan bahwa minyak zaitun menyebabkan masalahdengan perut atau usus. Tetapi minyak zaitun sangat mudah dicerna dan ringan untuk usus.



Kita dapat melakukan tes kecil untuk membuktikan bahwa minyak zaitun berbeda dengan minyak yang lain. Jika kita menumpahkan beberapa minyak zaitun di tangan, kita dapat dengan mudah mencucinya. Menghilang dengan cepat dan tidak perlu banyak air panas dan deterjen untuk mencuci itu pergi.

Jika kita mengkonsumsi minyak zaitun, maka minyak zaitun akan menguap dalam waktu 1½ jam melalui pori-pori kulit. Ini berarti tubuh dapat mengatasinya dengan mudah dan tidak harus membuang-buang energi untuk mencernanya. Hal ini berbeda dengan mentega kuedan produk lainnya, terutama yang didasarkan pada produk hewani. Kita harus menggosokkeras dan butuh air panas dan deterjen untuk melarutkan lemak dalam air sehingga dapatdibersihkan.


Agar tubuh dapat mencerna dengan lebih baik, usahakan apapun yang anda makan, pastikan bahwa itu berbahan dasar tumbuh-tumbuhan. Lakukan ini dan kita akan merasa lebih sehat dan lebih awet muda. Tetap Hidup Sehat!!!