Tips merawat kesehatan rohani untuk mendapat kesehatan jasmani

Artikel Tips merawat kesehatan rohani untuk mendapat kesehatan jasmani akan membahas cara-cara atau tips menjaga kesehatan rohani (pikiran/hati). Kesehatan rohani dan jasmani sangatlah berhubungan dan saling berpengaruh satu sama lain. Kesehatan rohani (pikiran/hati) sering kali kita lupakan, kita lebih banyak menghabiskan uang dan waktu kita untuk menjaga kesehatan jasmani (fisik). Padahal kesehatan rohani sangatlah lebih utama daripada kesehatan jasmani kita. Karena pikiran yang positif akan menghindarkan kita dari berbagai penyakit. Karena penyakit datang juga akibat pikiran yang tidak tenang. Berikut adalah beberapa Tips merawat kesehatan rohani untuk mendapat kesehatan jasmani antara lain :
1. Selalu berfikir tenang
Berfikir tenang sangatlah diperlukan untuk menghindari fikiran negatif atau stress. Semua kesibukan yang kita hadapi dan permasalahan yang muncul mengakibatkan kita tidak bisa berfikir dengan tenang dan dapat menyebabkan stress. Untuk menghindari hal tersebut kita dapet melakukan terapi/refleksi, refresing ditengah-tengah kesibukan kita. Selain itu jangan biarkan masalah terpendam dan berlarut-larut, karena itu akan menganggu pikiran kita. Apabila mempunyai masalah maka segera selesaikan. Bahkan sekecil apapun masalah itu segerakan untuk menyelesaikanya.
2. Berhubungan baik dengan lingkungan sekitar
Yang dimangsud “lingkungan sekitar” disini adalah orang lain atau tetanga. Apabila hubungan kita dengan lingkungan baik tentu hati kita akan tenang. Karena bercengkrama dengan orang disekitar kita dapat mengurangi stress. Dan apabila kita sedang mendapat masalah, tentunya orang disekitar kita akan membantu karena hubungan kita baik dengan mereka. Tapi sebaliknya apabila hubungan kita tidak baik dengan lingkungan/atau orang lain maka mereka akan cuek.
3. Selalu mengingat tuhan
Dengan mengingat tuhan maka kita akan lebih tenang karena kita akan selalu percaya bahwa kita punya tuhan yang akan selalu membantu kita dalam menyelesaikan masalah apapun, sehinga kita pun akan lebih tenang. Karena tuhan adalah tempat mengadu/curhat yang baik. dengan mengingat tuhan kita akan lebih tawakal dan iklas dalam menghadapi masalah. Sehinga kita terhindar dari stress, ketenagnagn hati dan pikiran. Dan kita pun akan mendapatkan kesehatan rohani.
4. Tertawa
Mungkain ini kelihatanya suatu hal yang kecil, tapi taukah anda bahwa tertawa dapat menghilangkan stress. Saat kita tertawa sel-sel otak kita yang tadinya tegang karena masalah yang kita hadapi akan melemas dan rilek. Kita dapat mendapatkan tertawa dari menonton komedi, bermain dengan sahabat, baca buku dan lain-lain.
Itulah beberapa Tips merawat kesehatan rohani untuk mendapat kesehatan jasmani. Ingatlah bahwa kesehatan itu lebih penting dari pada uang, maka untuk itu utamakan kesehatan. Semoga bermanfaat, terima kasih.