22 Manfaat Lemon Bagi Kesehatan (Untuk Diet, Pencernaan, Mengatasi Stroke dll)

Buah lemon ini dibudidayakan di Spanyol, Argentina, Brazil, dan Negara-negara di sekitar Amerika Serikat. Adapun pohon lemon bentuknya seperti pohon jeruk.

Buah ini termasuk dari Genus Citrus (keluarga jeruk) yang dikenal memiliki banyak khasiat, serta punya kemiripan satu dengan yang lainnya…

…tetapi sebenarnya pada masing-masingnya memiliki manfaat yang khas, karena pada setiap jenis dari (keluarga) jeruk memiliki presentase kandungan atau nutrisinya yang berbeda-beda.

Khusus untuk jeruk lemon, mungkin bisa dikatakan tidak terlalu populer dibandingkan dengan buah dari jenis jeruk lain, karena memang harganya yang dinilai lebih mahal.

Adapun jeruk lemon, kalau kita perhatikan, umumnya digunakan untuk penambah cita rasa masakan, serta untuk membuat lebih segar tampilan minuman.

Manfaat buah Lemon bagi kesehatan tubuh

Mengonsumsi lemon bermanfaat bagi kesehatan kesehatan tubuh yang membuat tubuh lebih bugar, lalu untuk memberkuat sistem imun tubuh, serta juga bisa digunakan untuk pengobatan alami.

Berikut di bawah ini penjelasan dari manfaat buah lemon bagi kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Pada buah lemon terdapat cukup banyak kandungan vitamin C, yang bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan bakteri, parasit, jamur, dan virus.

Buah Lemon juga berkhsiat untuk menyembuhkan penyakit cacingan, bahkan hebatnya bermanfaat untuk membantu melawan penyakit kanker, hal itu karena pada buah lemon terdapat sekitar 22 nutrisi anti-kanker di dalamnya.

Dengan kendungan vitamin C yang tinggi dan kandungan bioflavonoid di dalamnya, bermanfaat agar tubuh terhindar dari flu atau pilek.

Lemon dicampur madu dan air hangat membantu untuk menyerap lebih banyak zat besi, yang khasiatnya agar fungsi kekebalan tubuh menjadi lebih baik.

Pada lemon hangat juga terdapat kandungan saponin yang memiliki sifat antimikroba.

Menurut The World’s Healthiest Foods, vitamin C akan membantu mencegah infeksi penyakit ke tubuh.

2. Menyeimbangkan keasaman (pH) tubuh

Dimana tubuh manusia cenderung bersifat asam (ph rendah) yang mengakibatkan tubuh beresiko terserang penyakit, yang cukup sering yaitu asam urat asam lambung.

Adapun lemon sebenarnya ketika masuk ke dalam tubuh, berubah menjadi basa. Yang memiliki manfaat sebagai alkalize darah.

Sehingga dengan mengkomsumsi lemon hangat bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh dalam keadaan basa yang seimbang…

…tujuannya untuk menetralisir masalah asam urat yang diderita, serta bisa mengatai peradangan, termasuk nyeri akibat asam urat.

Dengan buah lemon yang punya sifat alkalinic, bermanfaat agar menyeimbangkan pH internal di dalam tubuh.


3. Menjaga kesehatan pencernaan

Dengan konsumsi jus lemon secara teratur berfungsi untuk memperlancar proses pembuangan sisa-sisa di pencernaan .

Lemon bermanfaat untuk meningkatkan gerakan peristaltik di perut, alhasil berkasiat agar buang air besar (BAB) dapat lancar dan teratur, dan Kamu terhindar dari masalah penyakit perut atau pencernaan.

Jus lemon membantu hati dalam memproduksi empedu, membantu menjaga makanan bergerak melalui tubuh dan saluran pencernaan menjadi lancar. membantu meredakan gangguan pencernaan sehingga brkhasiat meringankan sakit perut.

Khasiat lemon lainnya yaitu mengatasi masalah mual karena naiknya asam lambung.

Perlu diketahui, lemon tidak cocok dengan susu. sehingga jangan mengkonsumsi keduanya dalam waktu yang bersamaan atau berdekatan.

Yang disarankan untuk kesehatan pencernaan yaitu menambahkan jus lemon ke dalam air hangat, kemudian minum di pagi hari.

4. Memutihkan gigi.

Kandungan kalsium juga terdapat pada perasan air lemon, yang bisa Kamu gunakan sebagai cairan pemutih gigi.

Dengan mencampur jus lemon dan baking soda, kemudian oleskan campuran pada gigi (yang mungkin menguning), setelah dioles tunggu sekitar 60 detik…

….maka zat asam dan natrium bikarbonat yang terkandung di dalamnya bermanfaat untuk memutihkan gigi, dengan menghancurkan lapisan warna pada gigi

Kemudian sikat gigi dan kumur-kumur dengan air bersih.

Tetapi jangan lakukan ini terlalu sering, karena kandungan asam pada perasan lemon bisa berpotensi merusak email gigi.

5. Membersihkan usus.

Umumnya masyarakat sekarang ini (apalgi yang hidup di kota-kota besar), dalam menkonsumsi makanan memiliki jenis makanan fast food atau makanan cepat saji…

…yang perlu diketahui, bahwa terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji memberikan akibat buruk terhadap kesehatan, utamanya pada organ usus besar.

Penelitian medis menjelasan makanan cepat saji (termasuk makanan junk food) lebih sulit dicerna, karena rendanya kandungan enzim, serat, dan nutrisi pada makanan jenis itu.

Hal ini menyebabkan waktu transit kotoran melambat. Sehingga keberadaan “limbah” bekas makanan di dalam perut ini, bisa menimbulkan rasa mual, muntah, diare, perut kembung, sakit perut, hingga rasa nyeri di sendi dan otot tubuh.

Buah lemon berkhasiat untuk meningkatkan kontraksi otot di usus, yang dengannya mempu membuat gerakan usus menjadi lancar teratur, hal ini sangat berguna untuk mengeluarkan berbagai racun di dalam usus.

Untuk melakukannya, caranya dengan mengkonsumsi segelas air lemon pada pagi hari, dan usahakan melakukan hal ini di pagi hari.

Membuat ramuan dengan bahan lemon untuk kesehatan usus

Berdasarkan penjelasan Stanley Burroughs, seorang praktisi kesehatan alternatif, dalam bukunya Master Cleanser (1976), berisi tentang cara mengatasi masalah usus, dengan menggunakan bahan seperti jus Lemon, madu murni, serta merica bubuk.

Untuk membuat ramuannya, pertama-tama belah jeruk lemon, ambil setengah bagian lalu peras hingga didapatkan air perasan sebanyak dua sendok makan.

Setelah itu campur dengan madu murni sebanyak dua sendok makan, lalu tambahkan sedikit merica bubuk (seujung sendok teh).

Setelah itu, larutkan semuanya di dalam setengah gelas air. Dan ramuan siap diminum.

Lakukan ini setiap hari, atau beberapa kali dalam seminggu.

6. Mengatasi rambut dan ketombe 

Lemon memiliki khasiat yang positif untuk rambut, seperti untuk mengatasi rambut rontok. Penyebab terjadinya rambut rontok biasanya karena ketombe dan kerusakan pada akar rambut.

Untuk menghilangkan ketombe serta menguatkan akar rambut. Caranya dengan menggunakan air lemon untuk masker sebelum Kamu melakukan keramas.

Usapkan air lemon secara rata pada rambut (sembari dipijat), setelah itu diamkan sekitar 5-10 menit, setelah itu bilas dengan air bersih. Setelah itu, barulah melakukan keramas menggunakan shampo seperti biasa.

Sebuah penelitian dari karya tulis ilmiah yang dipublikasikan di situs undip.ac.id, menjelaskan bahwa jeruk lemon (Citrus limon Burm) bisa digunakan untuk untuk mengatasi ketombe.

Kandungan dlimonene yang terdapat di dalam jeruk lemon memiliki efek anti jamur, yang berasal dari air perasan lemon, yang baik untuk rambut.

Lihat karya tulis ilmiahnya pada link di bawah ini:
Apakah Alpukat Membuat Tubuh Gemuk? 

  • 24 Cara Mudah Meningkatkan IQ Otak¬†
  • 7 Tips Membuat Tidur Lebih Sehat dan Berkualitas
  • Bahaya Besar Mengkonsumsi Makanan Junk food
  • 7 Gaya Hidup Sehat yang Penting Kamu Lakukan
  • 15 Tips Tidur Cepat Di Malam Hari