24 Tips Tetap Semangat di Kantor dan Tidak Mudah Jenuh

Sesekali merasa tidak semangat itu wajar, hanya saja jangan sampai kita kehilangan semangat bekerja dalam waktu lama. Anda harus menjaga peforma dan kuat mental untuk bekerja di kantor, problem umum orang-orang yang bekerja di kantor yaitu banyaknya tugas yang harus diselesaikan, beban berat berupa target yang harus dicapai, deadline, hingga akhirnya timbul rasa penat dan jenuh.
Anda harus selalu ingat bahwa semangat adalah kunci keberhasilan dalam bekerja. Dengan memiliki motivasi kerja yang tinggi maka akan menghasilkan peforma kerja yang luar biasa, hal ini sangat penting untuk karir pekerjaan Anda. Ingatlah, para atasan atau owner yang memperkerjakan karyawan hanya ingin hasil kerja nyata secara maksimal dari setiap karyawannya.
Sesekali merasa tidak semangat itu wajar 24 Tips Tetap Semangat di Kantor dan Tidak Mudah Jenuh

Photo credit: istockphoto.com|Neustockimages

Tidur Cukup dan Berkualitas. Agar bisa terus semangat seharian, Anda harus memberikan hak tubuh untuk beristirahat dengan cukup karena MUSTAHIL anda bisa semangat jika kekurangan istirahat. Milikilah rutinitas tidur yang baik atau teratur, serta hindari kebiasaan begadang atau tidur larut malam.
Sering tidur larut malam membuat pagi Anda tidak optimal, bahkan bisa berdampak buruk terhadap kesehatan fisik dan mental. Selain memicu resiko penyakit berbahaya, tidur larut malam bisa berpengaruh buruk terhadap mood (suasana hati) dan memicu stres. Miliki tidur malam berkualitas sehingga menjadikan Anda segar kembali, serta memberikan kesejahteraan emosional dan mental saat pagi hari.
Kurang tidur dan tidur larut malam dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, membuat Anda kehilangan fokus, mudah lelah, sulit berpikir jernih dan mudah stres. Kualitas tidur yang baik dapat meningkatkan kualitas hidup Anda, membuat Anda aktif dan produktif sepanjang hari, lebih bersemangat di kantor, mempertajam ingatan dan mampu selalu fokus.
Tidur yang berkualitas sangat berhubungan dengan kesehatan psikologis. Para ahli kesehatan menjelaskan bahwa tidur nyenyak membuat otot-otot menjadi rileks, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, berkontribusi terhadap kesehatan emosional, dan meningkatkan kemampuan daya ingat. 
Hindari tidur larut malam maupun tidur dalam keaadan lampu menyala terang, karena dapat memengaruhi tingkat neurotransmitter dan hormon stres yang menimbulkan kekacauan di otak, yang mengganggu kondisi emosi seseorang.
Hendaknya mematikan lampu saat tidur malam, sehingga tidur dalam keadaan gelap. Beberapa orang mungkin lebih suka tidur dalam keadaan lampu menyala, tapi seharusnya kebiasaan ini diubah. Para ahli kesehatan menjelaskan bahwa tidur dalam kondisi gelap membuat kualitas tidur menjadi jauh lebih baik.
Saat tidur dengan lampu menyala, otak mungkin tidak akan memproduksi hormon melatonin. Melatonin adalah hormon alami yang diproduksi di dalam tubuh yang berperan penting dalam proses tidur.
Melatonin diproduksi di kelenjar pineal di otak, selain juga hormon ini ditemukan di area mata, sumsum tulang, dan usus. Kualitas tidur sangat dipengaruhi oleh kadar hormon melatonin yang mencukupi di dalam tubuh, saat hari mulai gelap seharusnya kadar melatonin dalam tubuh akan mulai meningkat.
Melatonin berperan untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks. Produksi melatonin bisa menurun karena paparan cahaya, jadi hindari tidur dalam keadaan terang (lampu kamar menyala). Selain itu paparan cahaya yang terlalu tinggi (termasuk dari gadget) di malam hari dapat menurunkan kadar melatonin dalam tubuh. Beberapa hal lainnya yang dapat mengurangi level melatonin yaitu kebiasaan buruk merokok, kurang mendapatkan cahaya matahari di siang hari, stres dan kebiasaan begadang.
Studi terbaru dari Ohio State University mengungkapkan orang-orang yang tidur di ruangan terang lebih berisiko mengalami depresi. Para ahli menjelaskan bahwa tidur dalam kondisi gelap dapat mencegah atau meredakan rasa stres dan depresi.
Tidur dalam keadaan gelap juga sangat bermanfaat untuk pemulihan tubuh secara optimal, dimana saat tidur terjadi proses regenerasi sel dan perbaikan jaringan. Matikan semua layar sebelum tidur seperti TV, smartphone, laptop, komputer dan lainnya. Matikan semuanya setidaknya satu jam sebelum tidur.
Tenangkan pikiran saat malam hari, usahakan untuk tidak memikirkan banyak masalah menjelang waktu tidur. Setelah bangun pagi bukalah gorden agar cahaya matahari masuk sehingga menghilangkan rasa kantuk, lalu basuhlah wajah dan sempatkan untuk berolahraga di pagi hari, atau setidaknya melakukan peregangan beberapa menit.
Paling minimal tidur malam selama 6 jam, kurang dari itu akan membuat tubuh tidak fresh, jiwa tidak bersemangat dan suasana hati buruk. Pekerjaan yang padat menyebabkan pikiran menjadi jenuh dan sumpek, masalah ini hanya bisa diatasi dengan beristirahat yang cukup di malam hari.
Cintai Pekerjaan Anda. Hampir sebagian hari-hari Anda untuk menyelesaikan pekerjaan sehingga penting untuk memberikan rasa cinta pada pekerjaan Anda. Anda akan tersiksa jika mengerjakan sesuatu yang tidak disukai, maka mulai dari sekarang berdamailah dengan pekerjaan Anda. Tumbuhkan rasa cinta pada pekerjaan yang sedang digeluti.
Sebuah pekerjaan akan menjadi beban terus menerus jika Anda tidak mencintainya, kondisikan jiwa untuk bekerja dengan senang hati. Anda menjalani pekerjaan setiap hari maka sudah seharusnya untuk mencintai profesi atau pekerjaan sendiri, jadikan jiwa Anda menyatu dengannya.
Hanya saja mencintai pekerjaan membutuhkan gabungan antara KEAHLIAN dan hasil yang memuaskan, maka Anda harus mengetahui kelebihan dan keahlian yang dimiliki, lalu tingkatkan. Miliki bakat dan tambah keahlian dengan semaksimal mungkin dalam bidang pekerjaan Anda. Dengan ketetapan hati yang kuat dan bersungguh-sungguh untuk menggeluti pekerjaan yang Anda miliki, maka secara perlahan akan timbul perasaan cinta pada pekerjaan tersebut.
Berinvestasilah pada kemampuan Anda, sebuah penyebab Anda tidak mencintai pekerjaan bisa jadi karena Anda tidak begitu menguasai pekerjaan tersebut atau belum menyelaminya lebih jauh. Ketertarikan terhadap pekerjaan menjadi besar jika Anda mengenal dengan baik apa yang dikerjakan, Anda memiliki skill terbaik di bidang pekerjaan Anda.
Carilah buku-buku atau pelatihan untuk meningkatkan skill di bidang pekerjaan Anda, ini adalah investasi yang sangat bagus. Jangan pernah berhenti belajar sehingga Anda akan dapat mencintai pekerjaan yang dijalani.
Rileks dan Lakukan Peregangan di Kantor. Biasanya saat masih pagi tenaga dan pikiran masih fresh, tapi menjelang siang atau sore hari mulai muncul hal yang mengganggu. Anda tidak harus seperti robot saat di kantor, adakalanya pikiran suntuk dan jenuh sehingga Anda perlu ‘mencari angin’, Anda perlu melakukan sedikit peregangan atau sekedar berjalan-jalan di luar beberapa menit hingga akhirnya rasa jenuh mereda. 
Selain itu Anda juga perlu minum sehingga tubuh terhindrasi sehingga memunculkan perasaan fresh dan semangat. Lalu disarankan mencuci muka sehingga menyegarkan pikiran dan kulit wajah. Melakukan hal-hal sederhana seperti ini ternyata efektif untuk meningkatkan produktivitas atau peforma bekerja.
Selalu Ingat Masih Banyak Pengangguran di Luar Sana. Hal yang wajar terkadang Anda jenuh dan kurang semangat dalam bekerja, tapi harusnya ini sesekali saja. Jika Anda tidak lagi semangat dalam bekerja maka ingatlah di luar sana banyak sekali pengangguran yang punya masalah finansial sangat parah. Sehingga sudah sepantasnya Anda merasa bahagia dengan memiliki pekerjaan di kantor.
Anda perlu mensyukuri pekerjaan, sekalipun Anda masih kurang menyukainya. Setelah dewasa, Anda tentu menyadari bahwa tidak semua yang diinginkan bisa terpenuhi. Jadi sekalipun Anda misalnya kurang menyukai pekerjaan saat ini, tapi ingat ada kewajiban di kantor yang harus dipenuhi, itu karena Anda sudah meneken perjanjian dengan pemberi kerja untuk menjalankan kewajiban atau tugas dengan baik, dan hak Anda adalah medapatkan bayaran dari waktu dan tenaga yang diberikan untuk kantor.
Dengan mendapatkan bayaran tersebut membuat Anda dapat membeli kebutuhan dan keinginan. Anda akan benar-benar bersyukur jika mengingat orang-orang yang tidak punya pekerjaan, menganggur berbulan-bulan sudah sangat menyiksa apalagi bertahun-tahun. Dan kalaupun mereka akhirnya mendapatkan pekerjaan, itupun gajinya tidak layak atau sangat kurang.
Jika Anda berpikir bahwa kantor tempat kerja Anda memiliki kekurangan, maka percayalah bahwa setiap perusahaan atau kantor punya masalahnya masing-masing, jadi jangan terlalu memikirkan kekurangan tempat kerja Anda karena hanya membuat muculnya pikiran negatif. Ingatlah rumput tetangga selalu lebih hijau, pepatah ini berlaku pada hampir semua lini kehidupan.
Mengingat Keluarga. Saat rasa penat, jenuh dan rasa tidak semangat menghampiri maka ingatlah tujuan Anda bekerja, dan renungkan. Setiap orang tentu memiliki tujuan dalam bekerja, tujuan utama yaitu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan keinginan. Ingatlah Anda memiliki keluarga, Anda memiliki orangtua, pasangan dan anak-anak yang perlu ditunaikan kebutuhannya.
Ini merupakan tujuan mulia dalam bekerja. Peran keluarga yang harmonis sangat membantu Anda agar tetap semangat saat bekerja di kantor.
Liburan dan Merefesh Diri. Anda bukanlah robot, Anda tidak akan mampu menjalani seluruh waktu untuk bekerja, bekerja, dan bekerja. Anda wajib menunaikan hak tubuh dan jiwa untuk bersantai, rileks, liburan dan merefesh diri. Dalam jangka waktu tertentu Anda harus memanjakan diri, sehingga hindari memporsir tenaga dan pikiran.
Sudah seharusnya Anda menghargai diri sendiri. Lakukan kegiatan yang dapat memanjakan dan menyenangkan diri, yang nantinya akan membangkitkan semangat baru. Liburan terbukti dapat meningkatkan semangat kerja.
Pentingnya travelling untuk pekerja kantor sehingga jangan paksakan diri untuk terus-terusan mengerjakan pekerjaan kantor saja, penting mengambil cuti untuk merefesh diri. Jika tidak, Anda akan menyesalinya. Dengan merefesh diri atau liburan justru dapat meningkatkan produktivitas seseorang.
Kurangnya liburan dan perasaan rileks menyebabkan Anda bakal emosi dan kurang kreatif, ditambah lagi rasa stres yang menghantui. Sehingga sangat penting mengambil cuti untuk liburan, itu adalah hak Anda. Dengan liburan diharapkan dapat menambah semangat bekerja, memberikan kebahagiaan dan kebugaran untuk tubuh.
Studi menunjukan bahwa banyak pimpinan perusahaan di Amerika yang sangat setuju bahwa karyawan harus mengambil jatah liburannya karena dapat meningkatkan produktivitas. Sebuah perusahaan atau kantor dapat meningkat kualitasnya jika karyawannya sehat dan bahagia.
Dengan mengeksplor tempat-tempat baru, Anda akan mendapatkan inspirasi dan kreativitas yang berguna bagi pekerjaan, ini bisa memicu banyak variasi ide dalam menyelesaikan pekerjaan dan mengatasi berbagai permasalahan. Liburan dapat meningkatkan ketahanan tubuh, meredakan stres, mengurangi kecemasan dan membuat rileks. Saat traveling biasanya akan melakukan banyak aktivitas fisik yang menyenangkan.
Traveling juga dapat mampu meningkatkan softskills, misalnnya saat Anda berkunjung ke tempat baru, Anda akan belajar memahami kultur atau budaya di tempat tersebut, Anda juga akan mengerti tentang solidaritas, kerjasama, dan paham bagaimana menjaga emosi.
Temukan yang Membuat Anda Bahagia. Salah satunya liburan seperti yang telah dijelaskan diatas. Tapi secara umum, carilah hal-hal atau aktivitas yang bisa memunculkan perasaan bahagia. Untuk bisa bahagia, sebenarnya sederhana saja caranya.
Misalnya jika Anda merasa sangat damai saat minum teh di sore hari sambil bersantai, maka pastikan Anda mendapatkan momen itu setiap hari. Sehingga jika atasan meminta lembur maka tolaklah, agar Anda mendapatkan momen terbaik sore hari tersebut di rumah.
Atau misal Anda merasa kembali bersemangat setelah makan jajanan enak, maka lakukan itu, jangan ragu-ragu. Tidak mengapa Anda keluar uang lebih banyak jika menghasilkan manfaat yang lebih besar.
Tersenyum. Entah bagaimana asalannya tersenyum dapat memberikan manfaat ajaib untuk psikologis. Jika Anda terbiasa tersenyum dan rileks dalam sehari-hari, maka masalah yang datang akan terasa lebih ringan.
Banyak penelitian ilmiah yang menunjukan bahwa senyum yang tulus dapat meningkatkan suasana hati, bahlan tersenyum juga bermanfaat untuk kesehatan fisik. Tersenyum akan mengaktifkan pesan saraf di otak, memicu pelepasan komunikasi saraf dan meningkatkan neuropeptide serta neurotransmitter, sehingga mampu meningkatkan suasana hati.
Mudah tersenyum juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memunculkan perasaan rileks dan meredakan rasa sakit, dimana saat tersenyum tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang berfungsi mengurangi rasa nyeri atau sakit, meredakan perasaan stres dan mengurangi persepsi rasa sakit di otak. Orang yang mudah tersenyum secara alami dapat lebih cepat pulih dari masalah stres dan depresi.
Penelitian juga menunjukan bahwa tersenyum dapat meningkatkan kreativitas dan kesabaran. Peneliti menemukan orang-orang yang mudah tersenyum akan lebih mampu mengatasi masalah dan mampu berpikir lebih kreatif, hal itu karena hormon dopamin yang aktif bekerja saat seseorang tersenyum.
Orang yang murah senyum juga cenderung mudah menetralkan segala bentuk emosi negatif, mengelola perasaan dan emosi dengan sangat baik, dan lebih mampu berpikir jernih. Hal-hal seperti ini sangat diperlukan dalam menjalani pekerjaan di kantor.
Buatlah “Daftar Ucapan Terima Kasih” untuk Pekerjaan Anda. Sangat penting Anda berdamai dengan pekerjaan Anda, sehingga tumbuhkan rasa cinta untuknya. Cobalah menuliskan segala hal yang membuat Anda bersyukur dan berterima kasih terhadap pekerjaan Anda saat ini
Buatlah daftar sebayak-banyaknya, misalnya pekerjaan ini telah:
  • Membuat saya dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.
  • Membuat saya memiliki banyak networking.
  • Membuat saya dihargai orang-orang dan tidak dicap pengangguran.
  • Dll.
Ringkasan
Tips agar tetap semangat di kantor:
  1. Selalu ingat bahwa semangat kerja adalah kunci keberhasilan.
  2. Pastikan Anda memiliki waktu istirahat atau tidur yang cukup.
  3. Buang kebiasaan begadang maupun tidur larut malam.
  4. Tidurlah dalam keadaan ruangan gelap (mematikan lampu). Manfaatnya membuat tidur lebih berkualitas, serta tubuh pulih secara optimal dan lebih segar di pagi hari.
  5. Hindari bermain gadget di malam hari, termasuk juga menonton TV, menggunakan laptop, komputer, tablet dan semacamnya. Terapkan ini setidaknya satu jam sebelum tidur. Cahaya dari smartphone atau perangkat elektronik dapat menurunkan kualitas tidur.
  6. Hal lain yang perlu dihindari sebelum waktu tidur yaitu minum-minuman berkafein (seperti kopi, teh) dan makan dalam jumlah banyak.
  7. Buang kebiasaan buruk seperti merokok dan begadang. Serta pastikan Anda mendapatkan paparan cahaya matahari yang mencukupi di pagi atau siang hari, sehingga tidur malam bisa lebih nyenyak.
  8. Mulai dari sekarang berikan rasa cinta pada pekerjaan Anda. Tumbuhkan rasa cinta pada pekerjaan yang sedang Anda geluti. Kondisikan jiwa untuk melakukan pekerjaan dengan senang hati.
  9. Baca buku-buku dan ikuti pelatihan yang dapat meningkatkan skill di bidang pekerjaan Anda. Dengan pengetahuan lebih luas dan kemampuan bekerja yang lebih baik, ini efektif dapat meningkatkan rasa antusias dan semangat untuk menjalani pekerjaan di kantor.
  10. Lakukan peregangan di kantor. Sesekali Anda juga bisa jalan-jalan di luar beberapa menit untuk ‘mencari angin’ lalu jangan lupa untuk minum air putih karena akan membuat tubuh dan pikiran menjadi fresh kembali, serta membasuh wajah membuat Anda terasa segar. Hal-hal seperti ini ternyata efektif meningkatkan produktivitas atau peforma bekerja.
  11. Jangan suka memikirkan kekurangan dari tempat kerja atau kantor, karena hanya akan menyiksa perasaan.
  12. Ketika bekerja ingatlah keluarga Anda, ini akan menimbulkan rasa semangat pada jiwa.
  13. Anda bukan robot, sehingga pastikan Anda memiliki waktu libur yang cukup untuk melakukan hal-hal yang memanjakan, membuat rileks dan menyenangkan diri, sehingga nantinya akan muncul semangat baru.
  14. Ambilah semua jatah cuti Anda untuk istirahat maupun liburan.
  15. Miliki aktivitas lain yang membuat Anda bahagia, tapi jangan banyak-banyak, secukupnya saja sebagai pengalih perhatian dari kehidupan kantor.
  16. Terbiasa tersenyum dan rileks dalam sehari-hari, ini akan memberikan manfaat ajaib untuk psikologis, sehingga membantu suasana hati yang positif saat di kantor.
  17. Penelitian menunjukan tersenyum membuat seseorang akan lebih rileks, kreatif, lebih mampu berpikir jernih, dan lebih mampu menjaga emosi. Hal seperti ini sangat diperlukan saat menjalani pekerjaan di kantor.
  18. Buatlah “Daftar Ucapan Terima Kasih” untuk pekerjaan anda, misalnya pekerjaan ini telah membuat Anda dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari, dihargai orang, tidak dicap pengangguran oleh orang-orang, punya networking dll.
  19. Perhatikan makanan Anda. Kurangi mengonsumsi gorengan, makanan yang diolah dengan cara digoreng, mie instan, junk food dan semacamnya. Anda perlu rutin mengonsumsi buah, sayuan dan makanan sehat lainnya.
  20. Berpikir positif dan berkumpul bersama dengan orang-orang yang positif dan memberikan pengaruh baik.
  21. Miliki rutinitas olahraga secara teratur, ini sangat membantu Anda untuk tetap enerjik dan bersemangat saat di kantor.
  22. Miliki teman setidaknya satu orang yang memiliki karakter pekerja keras, sering bersamanya akan membuat Anda ‘tertular’ dengan karakter positifnya tersebut.
  23. Jangan bawa pikiran pekerjaan anda ke rumah, Anda harus bisa membagi urusan. Urusan kantor hanya dikerjakan di tempat kerja saja dan jangan dibawa ke rumah. Adapun saat di rumah hendaknya fokus pada urusan keluarga tercinta. Hal ini membuat hidup Anda bahagia.
  24. Sering-sering merenungkan atau membayangkan jika Anda saat ini tidak memiliki pekerjaan. Hal ini akan menumbuhkan rasa bersyukur dan rasa semangat.