Khasiat Bunga Alamanda untuk Kesehatan Part 2

Selain mempunyai bentuk serta warna yang cantik dan indah, Bunga Alamanda juga memiliki banyak khasiat. Pada bagian tanaman yang dimanfaatkan adalah akar, daun serta bunga untuk pengobatan.
  • Daun Alamanda juga mempunyai kandungan ¬†alkaloida (senyawa basa bernitrogen yang kebanyakan heterosiklik dan terdapat di tumbuhan)
  • Kulit batang dan buahnya mengandung saponin
  • Kulit batangnya mengandung tannin
  • Buahnya mengandung flavonoida (senyawa kimia aktif yang dijadikan sebagai obat penyakit hati) dan polifenol (zat kimia yang memiliki sifat antioksidan).
Manfaat lainnya yaitu ada pada getah bunga alamanda yang berwarna putih mempunyai sifat anti bakteri dan juga antibiotik sehingga dapat digunakan sebagai obat penyakit kanker dan juga untuk pencegahan kuman serta bakteri. Alamanda juga dapat

dimanfaatkan untuk mencegah komplikasi dari malaria dan pembengkakan limpa, dapat digunakan juga untuk pengobatan penyakit kuning.

Daunnya juga digunakan untuk penawar racun dan digunakan sebagai ramuan herbal penyakit bisul atau abses, eksim, dan kurap. Rasa daun bunga alamanda ini terasa pedas, pahit, berkhasiat laksatif (pencahar) dan penyebab muntah (emetik).