Manfaat Chamomile


Chamomile merupakan tumbuhan semusim dari keluarga bunga Matahari. Tanaman hanya tumbuh wilayah yang memiliki 4 musim, ini artinya Chamomile tidak dapat tumbuh di Indonesia. Untuk dapat tumbuh, tanaman ini memerlukan tanah yang terbuka, seperti ladang. Sedangkan di alam liar Chamomile biasanya bisa ditemukan di pinggir jalan. Tinggi tanaman Chamomile bisa mencapai 15 sampai 60 cm.


Chamomile memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan. Konon jenis bunga bernama latin Matricaria Chamomilla ini sudah diramu menjadi obat semenja  masa Yunani dan Romawi kuno dengan cara dikeringkan terlebih dahulu. Dan hingga kini, chamomile kerap dikonsumsi oleh masyarakat Eropa dengan diproduksi sebagai minuman teh. Khasiat dari teh Chamomile ini yakni untuk bisa mengatasi kesulitan tidur, untuk relaksasi, mual, sakit kepala, gangguan pencernaan, sakit perut, kram saat menstruasi, iritasi kulit, infeksi ringan, serta mengatasi kerontokan rambut. (baca juga chamomile untuk mengatasi kerontokan rambut)


Meski hanya tumbuh di Eropa, namun jangan khawatir, kini teh Chamomile sudah banyak tersedia di swalayan atau minimarnet. Jika Anda malas bepergian teh ini pun juga sudah sudah banyak yang menjual secara online.