Manfaat dan Khasiat Bunga Lawang

Bunga lawang adalah salah satu rempah yang sering sekali dipakai pada masakan masakan bercita rasa asia. Menurut wikipedia bunga lawang memiliki nama lain/sebutan lain di indonesia seperti bunga pekak atau kembang lawan. Di negara cina bunga ini dijadikan salah satu dari 5 bumbu masakan tradisional yang bernama ngo hiong. Selain sebagai penambah rasa, bunga pekak juga punya beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan.
Manfaat bunga lawang – kesehatan
Salah satu manfaat bunga lawang bagi kesehatan adalah mengatasi gangguan asma. Jangan mengira bahwa bunga lawang seperti bunga pada umumnya, karena itu hanya sebutan saja dan bentuk asli dari tanaman pekak ini sebenarnya buah yang berbentuk bintang yang dihasilkan dari tanaman lawang.
Salah satu manfaat kembang lawang adalah untuk obat batuk dan bronkhitis karena kandungan anti bakteri dan antioksidan yang tinggi didalamnya. Sifat bunga lawang yang antibakteri/ antijamur digunakan untuk mengobati bronchitis, sesak nafas/asma, dan batuk kering. Banyak jenis obat batuk yang memasukan tanaman ini kedalam komposisi obat ang diproduksi.
ASI – salah satu manfaat bunga lawang juga bisa dirasakan oleh para ibu yang sedang menyusi bayi atau balita. khasiat bunga lawang dapat meningkatkan jumlah produksi asi seorang ibu jika dikonsumsi. Minyak bunga lawang mengurangi gejala mual-mual bagi ibu yang sedang mengandung. Selain itu bunga ini juga berguna untuk atasi masalah gangguan pencernaan.
Untuk mengobati sakit rematik dapat disembuhkan dengan mengoleskan minyak bunga lawang. Untuk pria yang mengalami masalah susah buang air kecil juga bisa menggunakan khasiat yang dimilki bunga lawang untuk melancarkan saluran kencing.