Manfaat dan Khasiat Tanaman Awar Awar (Ficus Septica Burm.F)

 

awar adalah tanaman liar yang sering kita jumpai di sekitar kita yang kadang bisa kita tem Manfaat dan Khasiat Tanaman Awar Awar (Ficus Septica Burm.F)
Tanaman Awar-awar (Ficus Septica Burm.F)

Deskripsi Tanaman Awar Awar
Tanaman Awar-awar adalah tanaman liar yang sering kita jumpai di sekitar kita yang kadang bisa kita temukan di tepi jalan, semak belukar dan hutan terbuka. Nama latin Tanaman Awar-awar adalah Ficus Septicum Burm.F . Tanaman awar-awar ini memiliki berbagai manfaat dan khasiat bagi tubuh yang bisa digunakan untuk obat herbal karena tanaman ini mengandung alkaloid isotylocrebin dan lain-lain.
Nama Daerah Tanaman Awar Awar
Sirih popar (Ambon) Tagalolo, Bei, Loloyan (Minahasa); Ki ciyat (Sunda); Awar awar (Jawa); Bar-abar (Madura); Awar awar (Belitung); Tobotobo (Makasar); Dausalo (Bugis); Bobulutu (Halmahera Utara); Tagalolo (Ternate).
Nama Asing Tanaman Awar Awar
Papua New Guinea: omia (Kurereda, Northern Province), manibwohebwahe (Wagawaga, Milne Bay), bahuerueru (Vanapa, Central Province). Philippines: hauili (Filipino), kauili (Tagalog), sio (Bikol). NAMA SIMPLISIA Fici septicae folium; daun awar-awar
 
Klasifikasi Tanaman Awar Awar
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Dilleniidae
Ordo: Urticales
Famili: Moraceae (suku nangka-nangkaan)
Genus: Ficus
Spesies: Ficus septica Burm.F
Anatomi dan Morfologi Tanaman Awar Awar
Tanaman awar-awar merupakan pohon atau semak tinggi, dengan panjang 1-5 meter. Batang pokok tanaman awar-awar ini bentuknya bengkok-bengkok, lunak, ranting bulat silindris, berongga, gundul, bergetah bening. Daun tanaman awar-awar strukturnya penumpu tunggal, besar, sangat runcing, daun tunggal, bertangkai, duduk daun berseling atau berhadapan, bertangkai 2,53 cm. Helaian daun tanaman awar-awar berbentuk bulat telur atau elips, dengan pangkal membulat, ujung menyempit cukup tumpul, tepi rata, 9-30 kali 9-16 cm, dari atas berwarna hijau tua mengkilat, dengan banyak bintik-bintik yang pucat, dari bawah hijau muda, sisi kiri kanan tulang daun tengah tanaman awar-awar dengan 6-12 tulang daun samping; kedua belah sisi tulang daun tanaman awar-awar menyolok karena warnanya yang pucat. Bunga awar-awar majemuk susunan periuk berpasangan, bertangkai pendek, pada pangkalnya dengan 3 daun pelindung, hijau muda atau hijau abu-abu, diameter lebih kurang 1,5 cm, pada beberapa tanaman awar-awar ada bunga jantan dan bunga gal, pada yang lain bunga betina. Buah tanaman awar-awar berbentuk tipe periuk, berdaging , hijau-hijau abu-abu, diameter 1,5 – 2 cm. Waktu berbunga tanaman awar-awar pada bulan Januari – Desember. Tanaman awar-awar banyak terdapat di pulau Jawa dan Madura. Habitat Tanaman awar-awar  tumbuh liar sebagai tanaman pengganggu pada dataran rendah sampai 1200 m dpl.

Kandungan Kimia Tanaman Awar Awar
Tanaman Awar-awar Mengandung senyawa Flavonoid, Sterol, alkaloid isotylocrebin dan tylocrebin,
Manfaat dan Khasiat Tanaman Awar Awar Bagi Kesehatan
  1. Daun awar awar obat kutil  dan penyakit kulit lainnya.
  2. Radang usus buntu
  3. Mengatasi bisul
  4. Gigitan ular berbisa 
  5. Sesak napas (asma)
  6. Herpes
  7. Sakit kepala (pusing)
  8. Rematik
  9. Penawar gadung,  ikan, dan kepiting bagi orang yang memiliki sensifitas tinga terhadap makanan tersebut.
  10. Muntah, mual
  11. Bengkak-bengkak 
  12. Melawan sel kanker
  13. Antibakter