Manfaat dan Khasiat Bunga Lotus (Nelumbo nucifera Gaertn)

 Tanaman ini  tergolong mirip dengan bunga teratai sama Manfaat dan Khasiat Bunga Lotus (Nelumbo nucifera Gaertn)
 Bunga Lotus (Nelumbo nucifera Gaertn)
Tanaman ini  tergolong mirip dengan bunga teratai sama-sama hidup di air dan termasuk jenis taman penyuka air. Banyak orang mengira kalau lotus sama dengan teratai padahal pada kenyataan nya kedua tanaman tersebut jelas berbeda. Bunga lotus memiliki nama ilmiah Nelumbo nucifera Gaertn.
Bunga lotus sangat indah dan menawan memiliki berbagai warna yang macam-macam kebayakan putih dengan semburat atau bercampur sedikit warna pink dan sedikit warna kuning.  Bunga ini memiliki banyak kelopak bunga. Bunga dengan diameter sampai 20 cm. Bunga lotus berwarna putih bersih, kuning atau merah jambu, keluar dari tangkai yang kuat menjulang di atas permukaan air. Bunga lotus ini memiliki tangkai bunga tegak dan bunganya tidak mengapung di permukaan air, sebagaimana pada teratai. Bunga mekar di bulan Juli hingga Agustus.
Bunga lotus ini mempunyai tangkai berbentuk tabung yang kosong di tengahnya untuk jalan lewat udara. Dan bunga ini daunnya terdapat di permukaan air, keluar dari tangkai yang berasal dari rimpang yang berada di dalam lumpur pada dasar kolam, sungai, atau rawa. Tinggi tanaman lotus sekitar satu meter hingga satu setengah meter.
Daun bunga lotus ini tumbuh ke atas, tinggi di atas permukaan air. Daunnya berbentuk bundaran penuh tanpa potongan, bergelombang di bagian tepi, dengan urat daun berkumpul ke tengah daun. Bunga lotus ini mempunyai diameter daun dapat mencapai 60 cm. Permukaan daun bunga lotus ini mengandung lapisan lilin sehingga air yang jatuh ke permukaan daun membentuk butiran air.
Manfaat dan Khasiat Bunga Lotus Untuk Kesehatan :
  1. Batuk darah 
  2. Muntah darah
  3. Muntah dan diare
  4. Darah tinggi
  5. Panas dalam,
  6. Gondokan 
  7. Jantung dan lever
  8. Mengobati Mimisan
  9. Insomnia
  10. Mata merah, bengkak, lelah, iritasi
  11. Depresi, 
  12. Stres