Tips menjaga kulit kepala agar tetap sehat

    Tips menjaga kulit kepala agar tetap sehat. Masalah rambut seperti rontok, beruban, ketombe, dan kulit kepala kering pecah-pecah sebenarnya salah satunya berasal dari kulit kepala yang tidak sehat. Selain itu, kulit kepala yang tidak sehat menyebebkan gatal, bersisik, dan berminyak. Oleh karenanya, kita perlu mengenali apa penyebeb masalah rambut dan cara yang tepat untuk merawat kulit kepala. Ada banyak penyebab yang mempengaruhi kesehatan kulit kepala, yakni pola makan, fluktuasai hormonal, pengobatan yang salah, produk perawatan rambut dan lingkungan yang tidak sehat.
                                    
    Kulit kepala yang tidak sehat akan menimbulkan masalah yang mengangu dan menjengkelkan. Berikut beberapa Tips menjaga kulit kepala agar tetap sehat yang bisa diikuti untuk mulai merawat kesehatan kulit kepala.
1.    Hindari matahari langsung
 Menghindari kontak langsung dengan sinar matahari bisa menjadi cara yang terbaik untuk merawat kulit kepala. Karena rambut yang terlalu lama terkena matahari secara langsung akan menjadi kering dan rapuh. Apalagi lagi untuk orang yang mengalami penipisan pada rambut atau botak, akan lebih mudah rusak kulit kepalanya karena terkena sinar matahari secara langsung. Maka disarankan menginakan penutup kepala saat berada diterik matahari untuk menghindari kerusakan pada kulit kepala.
2.    Rutin mencuci rambut
Menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala adalah salah satu cara menjaga kesehatan kulit kepala. Karena dengan rutin mencuci rambut akan memberikan kesegaran pada kulit kepala dan mencegah kekeringan. Sebaiknya mencucu rambut dilakukan secara rutin minimal 1 kali dalam sehari agar rambut dan kulit kepala benar-benar terhindar dari kotoran.
3.    Pintar memilih produk perawatan rambut
 Masalah pada kulit kepala bisa diatasi dengan mengunakan produk perawatan rambut yang tepat. Akan tetapi banyak orang salah memilih produk perawatan rambut dan akibatnya malah merusak rambut dan kulit kepala. Maka dengan itu kita harus cermat dalam memilih produk yang akan kita pakai. Sebaiknya memilih yang menggunakan bahan yang alami, karena bahan yang alami tentunya tidak memiliki efek samping. Kemudiah pilihlah yang kandunganya cocok untuk kulit kita, komposisinya tidak mengandung bahan yang berbahaya untuk kulit kita.
4.    Makan makanan bergizi dan istirahat cukup
Rambut dan kulit kepala juga membutuhkan perawatan dari dalam. Yaitu dengan memenuhi asupan nutrisi dan istirahat yang cukup. Perbanyaklah mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar. Dan juga tidur yang cukup, minimal 6 jam dalam sehari dengan kondisi tidur yang nyenyak. Itu akan membantu manjaga kesehatan rambut dan kulit kepala dari dalam.
5.    Mengunakan jilbab
Saat kita keluar rumah tentunya akan banyak debu yang berterbangan dan akan mengotori rambut kita. Untuk seorang wanita jilban selain sebagai penutup aurot, juga dapat berfungsi melindungi rambut dari debu. Sehinga rambut tetap bersih dari debu dan terjaga apabila keluar rumah.
6.    Rajin memyisir
Ternyata menyisir rambut sanngatlah berguna untuk merawat kesehatan kulit kepala. Selain merapikan rambut dan menghilangkan kotoran, ternyata saat kita menyisir rambut sangat bermanfaat untuk membantu melancarkan peredaran darah. Sehinga peredaran darah pada kepala kita akan lancar dan kulit kepala kita akan sehat. Oleh karena itu, sebaiknya kita sering-sering untuk menyisir rambut.
 Itulan ulasan tentang Tips menjaga kulit kepala agar tetap sehat.  Rambut adalah mahkota bagi kita semua, terutama untuk seorang wanita. Mempunyai rambut yang indah dan kulit kepala yang sehat adalah impian semua orang. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembacanya, terimakasih.