Pengertian,Contoh Prestasi Akademik dan Non Akademik

Prestasi adalah hasil atas usaha yang seseorang kerjakan. Umumnya, prestasi bisa Anda dapatkan melalui proses kompetisi. Kemudian, prestasi sendiri terbagi menjadi dua yaitu prestasi akademik dan non akademik. Karena ada dua jenis, tentu saja pengertian dan contoh prestasi akademik dan non akademik pun berbeda.

Pengertian, dan Contoh Prestasi Akademik dan Non Akademik

Tidak usah berkecil hati jika Anda lemah dalam bidang akademik. Anda masih bisa loh mendapatkan prestasi. Asalkan, Anda memiliki keahlian yang di luar dari bidang akademik atau non akademik.

Namun, bisakah Anda membedakan prestasi akademik dan non akademik? Lalu, apa saja sih yang termasuk dalam contoh prestasi akademik dan non akademik? Untuk menjawab dua pertanyaan di atas, sebaiknya simak informasi di bawah ini ya.

1.Pengertian Prestasi Akademik dan Non Akademik

Untuk membedakan istilah prestasi akademik dan non akademik tentu Anda harus mengetahui pengertian dari prestasi akademik dan prestasi non akademik. Apa itu prestasi akademik maupun prestasi non akademik?

Dari penjelasan di atas, Anda sudah tahu arti dari prestasi itu sendiri. Hanya dengan mengetahui istilah prestasi saja, Anda tidak akan kesulitan untuk mengartikan prestasi akademik dan non akademik. Akan tetapi, ketahui dulu arti dari akademik dan non akademik.

Akademik sendiri sangat berkaitan dengan pendidikan formal, seperti ilmu pengetahuan yang bersifat ilmiah, teori dan penuh penalaran.

Sebaliknya, non akademik tertaut dengan kegiatan ekstrakurikuler atau kegiatan di luar pendidikan formal.

Jadi, kesimpulannya, prestasi akademik adalah prestasi yang berasal kompetisi yang berkaitan dengan pendidikan formal. Sebaliknya, prestasi yang berasal dari kompetisi atau lomba keterampilan dari kegiatan ekstrakurikuler.

Kendati begitu, untuk mendapatkan kedua prestasi sama-sama memerlukan sikap disiplin terhadap waktu, belajar, dan berlatih.

2.Contoh Prestasi Akademik

Setelah mengetahui pengertiannya, mari beralih ke contohnya agar Anda bisa membedakan kedua jenis prestasi tersebut lebih mudah. Untuk contohnya, Anda bisa mengetahui contoh prestasi akademik dulu.

Nah, contoh prestasi akademik yang akan tercantum di bawah ini, bisa diperoleh dari jenjang SD hingga universitas. Tentu saja, prestasi ini sangat bersifat akademik. Adapun contohnya adalah sebagai berikut :

  • Juara kelas
  • Juara cerdas cermat
  • Juara Olimpiade
  • Juara debat Bahasa Inggris
  • IPK cumlaude

3.Contoh Prestasi Non Akademik

Berbeda dengan contoh sebelumnya, contoh prestasi non akademik cenderung lebih ke keterampilan, dan bakat seseorang. Keterampilan tersebut terus diasah dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler atau sebuah organisasi.

Lalu, biasanya prestasi yang didapatkan tidak hanya dari mengikuti lomba saja, tetapi perolehan prestasi bisa karena menduduki posisi penting dalam sebuah organisasi. Sekalinya hasilnya dari lomba, lomba tersebut bisa diikuti oleh berbagai jenjang pendidikan dan usia.

Berikut ini adalah contoh prestasi non akademik :

  • Ketua, sekretaris, atau bendahara sebuah organisasi, seperti OSIS, BEM, dan lainnya.
  • Juara lomba dalam bidang olahraga, antara lain basket, badminton, renang dan lainnya.
  • Juara lomba seni, seperti drama, tari, dan nyanyi.

Bagaimana menurut Anda tentang penjelasan dan contoh prestasi akademik dan non akademik di atas? Semoga informasi di atas bisa membantu Anda membedakan antara prestasi akademik dan non akademik ya.

Tinggalkan komentar