Manfaat dan Khasiat Tanaman Akar Manis (Glycyrrhiza Glabra L)

 Tanaman akar manis adalah tanaman polong  yang sering kita jumpai disekitar kita Manfaat dan Khasiat Tanaman Akar Manis (Glycyrrhiza Glabra L)
Tanaman Akar Manis (Glycyrrhiza Glabra L)

Deskripsi Tanaman Akar Manis
Tanaman akar manis adalah tanaman polong  yang sering kita jumpai disekitar kita. Tanaman akar manis ini dapat dijumpai ladang, tepi hutan dan lain-lain. Nama latin tanaman akar manis adalah Glycyrrhiza Glabra L. Sedangkan dalam bahasa inggris tanaman akar manis mempunyai nama Licorice dan Liquorice. Menurut sejarah tanaman akar manis ini berasal dari  Eropa Selatan dan beberapa bagian wilayah Asia. Ciri-ciri tanaman akar manis ini memiliki bunga yang tersusun yang berwarna ungu kebiruan. Akar tanaman akar manis ini kadar gulanya 50 kali lebih manis daripada gula biasa.  Fungsi dan kegunaan tanaman akar manis bagi sebagian masyarakat digunakan sebagai sirup. Namun yang jarang kita ketahui ternyata tanaman akar manis ini banyak memiliki manfaat dan khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang ada ditubuh.
Nama Daerah Tanaman Akar Manis 
 
Indonesia : Akar manis.
Cina : Gan Chao.
Philipina : Licorice.
Klasifikasi Tanaman Akar Manis
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Fabales
Famili: Fabaceae (suku polong-polongan)
Genus: Glycyrrhiza
Spesies: Glycyrrhiza glabra l
Anatomi dan Morfologi Tanaman Akar Manis
Tanman akar manis merupakan salah satu jenis tanaman dari keluarga tanaman polong-polongan ( Fabaceae). Tanaman akar manis ini tanaman terna tahunan yang tingginya dapat mencapai 1 m. Daun tanaman akar manis berbentuk seperti sayap dengan ukuran panjang 7 cm sampai 15 cm dengan jumlah 9-17 helaian daun. Bunga tanaman akar manis muncul berkelompok di satu cabang dengan ukuran 0,8 cm sampai 1,2 cm dan berwarna keunguan samapi putih kebiruan. Buah tanaman akar manis ini berbentuk polong memanjang bergerigi dengan ukuran  2 cm sampai 3 cm. Biji tanaman akar manis berbentuk bulat lonjong berwarna coklat kehitanaman. Cara tanaman akar manis berkembang biak menggunakan biji. Habitat tanaman akar manis ini di dataran rendah sampai tinggi dengan intensitas cahaya matahari yang banyak, tanah yang subur dan cukup air.
Bagian Tanaman Akar Manis Yang Digunakan
Akar
Kandungan Tanaman Akar Manis
Tanaman akar manis mengandung glisirhisin, saponin, glikosida likuiritin, asparagin, umbeliferona, glabrolida, glukosa, sukrosa, asamlikuiritat, asamhidrosiglisirhritat, zat pahit, minyak atsiri, dan asparagin.
Manfaat dan Khasiat Tanaman Akar Manis Untuk Kesehatan
  1. Tanaman akar manis untuk mengobati bronkhitis.
  2. Tanaman akar manis digunakan untuk ekspetoran.
  3. Tanaman akar manis bersifat manis dan menetralkan.
  4. Tanaman akar manis sebagai anti inflamasi.
  5. Tanaman akar manis berkhasiat spasmolitik.
  6. Tanaman akar manis untuk mengurangi kolestrol.
  7. Tanaman akar manis bermanfaat untuk mengobati batuk.
  8. Tanaman akar manis berkhasiat untuk mengobati sakit melilit atau mulas.
  9. Tanaman akar manis mengobati sakit tukak lambung.
Catatan
Dosis pemakaian yang terlalu besar dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan hipoklamia, simtoma diuresis dan lebih lanjut menyebabkan tekanan darah tinggi. Maka konsumilah herbal tanaman akar manis ini dengan bijak dan sesuai takaran.