Obat Gusi Bengkak Secara Alami tradisional, Serta Penyebab Dan Pencegahanya

    Obat gusi bengkak secara alami tradisional, serta penyebab dan pencegahanya – assalami’alaikum wahai sahabat penguna fasilitas dunia. Bagi sebagian orang pasti pernah mengalami gusinya bengkak. Gusi bengkak adalah sebuah gangguan yang serius pada mulut kita. Dan apabila kita mengalaminya, penderita pasti akan tersiksa karena merasakan denyut menyakitkan dari gusi yang bengkak atau meradang. Dan akibat dari gusi yang meradang juga dapat menyakitkan pada bagian gigi karena gusi adalah jaringan kokoh yang menempel dibagian bawah gigi.

Penyebab gusi bengkak

Pada dasarnya gigi bengkak atau meradang adalah karena iritasi. Iritasai dapat disebabkan oleh berbagai hal, antara lain kebersihan mulut yang kurang terjaga, kurangnya nutrisi yang dibutuhkan, dan kontak fisik (terbentur  dan teknik menyikat gigi yang tidak tepat).
Radang gigi juga dapat dialami pada ibi hamil. Karena pada fase hamil membuat hormon tubuh meningkatkan aliran darah pada gusi yang membuatnya lebih mudah teriritasi. Selain itu, hormon yang berubah meningkatkan resiko terserang radang gusi karena tubuh tidak mampu melawan bakteri yang menyerang gusi.

Cara mengobati gusi bengkak

Saat kita mengalami gusi bengkak tentunya akan menimbulkan rasa sakit yang menganggu. Dan untuk mengobati gusi bengkak hal yang pertama harus dilakukan adalah mengurangirasa sakitnya agar lebih nyaman. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menguragi rasa sakit pada gusi bengkak.
•    Berkumur dengan air air hangat yang sudah dicampur dengan garam untuk mulut, terutam pada area gusi yang bengkak dari bakteri.
•    Memperbanyak minum air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh dan merangsang agar produksi air liur meningkat yang berguna membunuh bakteri dalam mulut.
•    Mengosok gigi, akn tetapi secara hati-hati dan pelan agar iritsai tidak semakin parah karena terkena sikat gigi.
•    Jangan mengkonsumsi alkohol atau merokok karena dapat memperparah.
•    Melakukan pemijatan pada pipi yang terdekat dengan gusi.
•    Mengompres dibagian luar (pipi) pada gusi bengkak dengan mengunakan air hangat pada botol.

Obat gusi bengkak tradisional

Untuk menyelesaikan agar gusi bengkak cepat sembuh adalah dengan ramuan atau obat alami tradisional berikut.

1.    Kulit andong dan garam

Bersihkan kulit anding dengan air dan dikupas. Kemudian ditambahkan sedikit garam dan dioleskan pada bagian yang sakit. Bengkak akan menbaik dan sembuh.

2.    Krokot 200 gram dan air 3 gelas

Cuci krokot sampai bersih, kemudian direbus dengan 3 gelas air bersih. Setelah mendidih dan air tinggal setengah dari volume awal, diangkat dan disaring. Air hasil saringan setelah dingin diminum.

3.    Bayam duri

Caranya dengan membakar bayam duri dengan alas genteng. Kemudian bayam duri ditumbuk sampai halus dan digunakan untuk salep pada gusi yang bengkak.

Cara mencegah gusi bengkak

•    Teratur atau rajin mengosok gifi atau flosing.
•    Rutin periksa kedokter gigi minimal untuk cekup, minimal 6 bulan sekelai.
•    Gunakan obat kumur atau pasta gigi yang sehat, atau tidak mengandung bahan yang berbahaya.
•    Makan makanan yang banyakmengandung vitaminn C, kalsium dan asam float.
Itulah ulasan mengenai Obat gusi bengkak secara alami tradisional, serta penyebab dan pencegahanya. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi para pembacanya. Dan apabi;la masih banyak terdapat kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf, terimakasih, wassalamu’alaikum.