Sajian Teh Turki Unik dan Digemari

Info Makanan dan Minuman Turki – Bagi penggemar minuman teh coba tebak negara dengan konsumsi teh tertinggi dunia? Langsung aja jawabannya adalah Turki bukan Indonesia, atau Jepang. Menurut informasi Turki memiliki angka rata-rata tahunan konsumsi teh sebesar 6.961 pon/orang yakni jumlah paling besar di atas orang-orang Irlandia dan Inggris. Mengapa bisa demikian? Karena minum teh sudah membudaya dan bagian dari budaya orang-orang Turki. 
Sebagai bukti bahwa teh Turki ini memang menjadi pilihan masyarakat – nah coba lihat serial-serial Turki yang kini sedang ngetrend atau pernah ngetrend di Indonesia. Pasti saban bertemu atau janjian para tokohnya kerap sekali ngeteh. Ya kumpul-kumpul sembari ngeteh gitu. Sekadar informasi saja berikut ini ada link info bagi pembaca mengenai Serial Turki: ini 
 Bagi penggemar minuman teh coba tebak negara dengan konsumsi teh tertinggi dunia Sajian Teh Turki Unik dan Digemari
Teh Turki atau Cay
Teh Turki dikenal dengan nama Cay dan tergolong ke dalam jenis teh hitam. Secara warna cay memang lebih gelap dibanding dengan teh yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia. Dan di negeri dua benua ini, teh sudah laiknya minuman wajib penduduk disana. Jika kamu pernah atau berencana main ke Turki jangan kaget ya jika bertamu pastilah akan disuguhi teh cay. Biasanya teh cay ini disuguhkan bersama dengan camilan berupa berupa kwaci dan kacang-kacangan khas Turki.
Cara menyuguhkan teh Turki cay ini juha berbeda dengan sajian teh di negara kita. Untuk penyajiaannya membutuhkan teko yang dikenal dengan nama Caydanlik. Teko bertingkat dua ini biasa terbuat dari porselen, namun saat ini juga sudah tersedia Caydanlik dengan bahan sekelas alumunium.
Cara membuat teh Turki juga unik, pertama yang perlu dilakukan adalah menyalakan api kompor dan isi teko bawah dengan air dan biarkan teko diatasnya kosong. Setelah air di teko pertama mendidih maka baru masukan air pada teko ke dua dengan beberapa sendok teh Cay sesuai selera. Teh akan disajikan setelah air di teko ke dua mendidih. Untuk menjaga kehangatan teh kemudian kecilkan api dan biarkan teko tetap berada pada kompor. Teknik menjauhkan Cay dari sumber api tersebut bertujuan memberikan cita rasa yang khas dan sedap. Teknik ini sudah dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat Turki. 
Cara penyajian teh Turki atau teh cay ini juga unik. Berikut penjelasannya: tuangkan air rebusan teh dari teko atas sesuai kepekatan yang anda inginkan, kemudian tambahkan air mendidih dari teko dibawahnya. Dan untuk gelas sajinya juga bukan asal gelas lho. Teh cay Turki disajikan menggunakan gelas mungil berbahan kaca tak bertangkai dengan bentuk bunga tulip. Gelas ini dimaksudkan agar teh yang tersaji hanya dalam jumlah sekali atau dua kali teguk saja sehingga kesegaran dan hangatnya teh akan tetap terjaga. Teh akan disajikan dengan piring tatakan dan sendok kecil, untuk pemanis akan tersedia gula batu. Untuk gula ini tergantung selera saja bisa pakai bisa tidak. 
Untuk sajian pelengkap selain kwaci dan kacang teh Turki bisa juga dinikmati denegan kue kering, biskuit, atau baklava (sejenis roti yang diisi dengan kacang dan madu serta gula).  
Sedangkan untuk mendapatkan teh Turki ini sekarang sudah tidak perlu repot membeli langsung di Turki. Sekarang cukup dengan membeli di swalayan atau supermarket terdekat sudah bisa ditemui teh cay asal Turki ini. Selain ini banyak penjaja online juga menjual Teh Turki.
 Bagi penggemar minuman teh coba tebak negara dengan konsumsi teh tertinggi dunia Sajian Teh Turki Unik dan Digemari
Teh Turki
Nah cukup sekian tulisan informasi mengenai teh Turki dan semoga info ini bermanfaat untuk pembaca.