Strategi Makan Sehat Untuk Bayi

 Tugas nomor satu Anda sebagai seorang ibu adalah untuk menambah berat badan bayi Strategi Makan Sehat Untuk Bayi
Makan Sehat Bayi
Tugas nomor satu Anda sebagai seorang ibu adalah untuk menambah berat badan bayi. Kebiasaan makan yang sehat dapat membantu tumbuh kembang bayi Anda. Berikut adalah strategi memberi makan bayi Anda dengan sehat.

1. Ketahui tanda-tanda kenyang.

Seorang bayi sudah merasa cukup untuk makan ketika dia menutup matanya, melepaskan puting susu, atau menarik diri. Jangan paksa bayi Anda untuk menghabiskan botolnya.


2. Hindari menggunakan makanan untuk menenangkan.
Anda harus sering memberi makan bayi yang baru lahir dan sesuai permintaan. Tapi bayi yang sudah lebih tua dan rewel antara waktu makan atau tidak lama setelah ia telah mengosongkan payudara ibunya atau selesai dari botol, tidak selalu membutuhkan banyak makanan untuk merasa lebih baik. Pertama, coba tawarkan bayi Anda empeng, atau membantunya bersantai dengan goyangan, bernyanyi, atau menyuruhnya diam.


3. Coba makanan padat

Selama tahun pertama, sumber utama kalori dan nutrisi anak harus ASI atau susu formula. Meski bayi baru mulai makan makanan padat sekitar usia enam bulan, menyantap makanan padat di tahap ini hanya membiasakan mereka merasakan makanan padat dalam mulut dan melatih mereka untuk makan. Si bayi tidak perlu menghabiskan makanan padat yang disajikan padanya.
4. Ingatlah metode penghitungan berat badan ideal
Berat badan bayi seharusnya dua kali lipat berat badan lahir ketika usianya sekitar 4 bulan, dan tiga kali lipat hingga ulang tahun pertamanya. Bicarakan dengan dokter anak Anda jika bayi Anda melebihi pedoman ini.