Wisata Kuliner Yogyakarta Pusat Gudeg Wijilan

Jika kamu berwisata ke kota Yogyakarta jangan lupa mampir ke tempat Wisata Kuliner Yogyakarta Pusat Gudeg Wijilan. Mengapa? karena gudeg adalah makanan khas dari daerah ini, karena itu akan rugi jika sudah jauh-jauh datang ke Yogyakarta namun tidak mencicipi makanan gudeg.

Nah, berwisata ke Yogyakarta tentu tak akan lengkap jika belum mengunjungi Keraton Yogyakarta. Kerajaan trah Mataram ini adalah simbol dari kota Yogyakarta letaknya ada di pusat kota Yogyakarta. Dan info baiknya, keraton Yogyakarta ini letaknya tidak jau dari lokasi pusat gudeg Wijilan. Lokasi Wisata Kuliner Yogyakarta Pusat Gudeg Wijilan hanya sekira 200 m sebelah timur dari keraton, ibarat wisata paket, kamu melihat bangunan sejarah keraton Yogyakarta sekaligus mampir jajan merasakan enaknya nasi gudeg. Ha ha… mantaps..  

Mengenai makanan gudeg sendiri merupakan makanan berbahan dasar nangka. Jangan bayangkan buah nangka matang yang berwarna kuning dan berasa manis itu lho. Gudeg dibuat dengan  bahan nangka muda yang masih mentah. Dioalah sedemikian rupa hingga menjadi makanan lezat dan berasa manis. Sajian nasi gudeg biasanya berpadu dengan bahan lain antara lain; sambal krecek, ureh, ayam kampung, dan telur.


Jika kamu berwisata ke kota Yogyakarta jangan lupa mampir ke tempat  Wisata Kuliner Yogyakarta Pusat Gudeg Wijilan
Wisata Kuliner Yogyakarta Pusat Gudeg Wijilan – Lokasi Jalan Wijilan, tampak berjejer beberapa warung gudeg.
Di Yogyakarta, gudeg sebenarnya bisa dicari mana saja, banyak di jalanan pusat penjaja gudeg menawarkan daganannya pada malam hari. Namun, jika ingin lebih mudah datang aja ke Jalan Wijilan yang berada di sebelah timur keraton atau alun-alun utara Yogyakarta. Tepatnya, yakni di selatan Plengkung Tarunasura atau lebih dikenal dengan nama Plengkung Wijilan.  


Di sana berderet warung gudeg, Anda tinggal memilihnya saja. Beberapa warung gudeg kondang yang sudah memiliki banyak cabang pun masih ada di sini, antara lain; Warung Gudeg bu Slamet, Warung Gudeg Yu Djum, Gudeg Ibu Lies. Dan lain-lain. Mungkin jumlah warungnya sekira sepuluh warung.


Gudeg, selain bisa dimakan di tempat juga cocok untuk oleh-oleh. Biasanya yang untuk oleh-oleh adalah gudeg kering. Gudeg kering kuah urehnya kering hal ini untuk menjaga keawetan areh tersebut. 

Nah itulah informasi mengenai wisata kuliner gudeg Yogyakarta. Dan jika kamu berwisata ke Yogyakarta Jogja silahkan mampir ke Wisata Kuliner Yogyakarta Pusat Gudeg Wijilan, dijamin kenyang 🙂