Asal Usul Kue Donat

Kue Donat merupakan salah satu panganan paling digemari di seluruh dunia. Kue manis dengan bentuk bulat berlubang di tengah ini memang enak. Tapi tahukah kamu mengenai asal-usul kue donat? Masak cuma gemar doang tapi otaknya mlempem he he… 
Nah untuk sekedar menambah pengetahuan, Kue Donat ini muasalnya dibawa oleh imigran dari negeri Belanda ke Amerika Utara bersama kue lain seperti kue kering, pai, dan buah. Tentunya bentuknya belum seperti sekarang, mungkin hanya sebatas kue manis saja. Mengenai muasal pastinya memang masih menjadi perdebatan, menurut National Dunking Association of Amerika (NDAA), penemu kue Donat adalah Hanson Crocket Gregory. Akan tetapi salah satu leluhur suku Indian Wampanoag juga mengklaim pembuatan kue ini.
Waduh-waduh lalu siapa yang benar. Nah untuk lebih memperjelas lagi ada dua versi sumber yang mengatakan tentang Donat ala Hanson Crocket Gregory. 
Pertama
Hanson Crocket Gregory adalah seorang kapten kapal asal Denmark. Ketika menahkodai kapal dengan dua tangan, kue yang ia bawa ditusukkan pada roda kemudi sehingga berlubang di tengahnya. 
Kedua
Hanson Crocket Gregory adalah seorang anak laki-laki berumur 15 tahun asal Maine, Amerika Serikat. Ketika ibunya membuat kue, ia melihat bagian tengah kue tersebut belum matang. Hanson pun mencungkil bagian tengah kue dengan pisau sehingga berlubang. Saat dewasa, Hanson menjadi seorang nakhoda kapal dan kue buatannya tersebar hingga ke berbagai dunia. 
Itulah beberapa versi muasal Donat. Namun seiring dengan perkembangan waktu donat pun muncul dengan berbagai variasi bentuk, tidak hanya kue bulat berlubang di tengah. Ada bentuk bulatan berlekuk( atau ring) juga bulat tanpa lubang ditengah.