Gejala Dan Penyebab Dari Demam Berdarah Atau Demam Dengue

Gejala dan penyebab dari demam berdarah – assalamu’alaikum omnivora. Banyak orang tidak mengetahui gejala dari penyakit demam berdarah. Akibatnya banyak orang yang mengira sakit demam yang dialami penderita hanya demam biasa, hingga telat dalam penangananya. Akibatnya, sakit yang dialami penderita diketahui setelah sudah parah. Untuk itu agar bisa cepat ditangani dengan baik dan melakukan tindakan sebelum parah kita harus mengetahui tanda-tanda atau gejala awal dari demam berdarah.

Penyebab demam berdarah

Semua pasti sudah tau bahwa penyebab utama dari penyakit ini adalah nyamuk aedes aegypti. Cara penularanya adalah saat nyamuk mengigit atau menyedot darah kita, dalam waktu yang bersamaan nyamuk mengeluaran cairan yang mengandung virus dengue ketubuh kita dan menyebabkan seseorang terkena demam berdarah. Virus dengue hidup subur pada sel-sel tubuh nyamuk dan masuk kepencernaan nyamuk. Virus ini juga menyebar kekelenjar saliva nyamuk tempat produksi ludah atau liur nyamuk. Air liur itulah yang ditransferkan nyamuk ketubuh kitasaat menyedot darah kita.
Pada awal nyamuk ini mengigit atau menstranfer virus ini akan tidak membahayakan. Karena pada awalnya virus ini akan dilawan oleh sistim pertahanan tubuh (sel darah putih). Akan tetapi lama kelamaan virus ini akan berkembang biak semakin banyak dan pertahanan tubuh akan lemah menahan serangan virus ini. Akibatnya virus berhasil masuk dan menyebar dalam jaringan tubuh.

Gejala dari demam berdarah

Untuk mengenali tanda-tanda atau gejala dari penyakit demam berdarah memang cukup sulit dan butuh ketelitian. Karena gejalanya hampir sama dengan beberapa penyakit lainya, misalnya demam dan panas beberapa hari. Biasanya pada demam berdarah akan disertai sakit kepala, nyeri otot atau sendi, dan timbul bintik merah pada kulit.
Detailnya adalah, pada fase awal penyakit ini akan menyebabkan penderita mengalami demam yang sangat tinggi hingga mencapai 40 drajat celcius. Kemudian selama 2 sampai 7 hari, penderita akan mengalami febrile atau sakit pada bagian kepala. Pada fase febrie juga disertai munculnya bintik merah pada kulit.
Kemudian biasanya demam akan turun seolah-olah sembuh, padahal ini merupakan fase kritis. Biasanya demam turun selama 2 hari kemudian akan naik lebih parah lagi. Pada fase ini cairan dalam tubuh akan menumpuk pada area dada akibat dari kebocoran pada pembuluh darah. Kebocoran tersebut akan terus terjadi hingga mengakibatkan berhentinya sirkulasi darah dari dalam tubuh.
Apa bila penderita sampai pada tahap ini, harus segera cepat-cepat dibawa kerumah sakit, karena sudah sangat berbahaya. Usahakan saat mengetahui gejala awal dari penyakit ini segera dibawa kerumah sakit agar cepat ditangani dan tidak menimbulkan hal yang lebih buruk.
Bila anda tidak ingin mengalami penyakit ini anda bisa mencoba langkah-langkah untuk mencegah agar terhindar dari penyakit ini. Silahkan kunjungi artikel cara mencegah demam berdarah sebagai referensi anda agar terhindar dari penyakit ini. Karena tentunya mencegah penyakit ini akan lebih baik daripada mengobatinya.
Itulah ulasan mengenai Gejala Dan  Penyebab Dari Demam Berdarah Atau Demam Dengue. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi para pembacanya. Dan apabila masih banyak terdapat kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf, terimakasih, wassalamu’alaikum.