Khasiat dan Manfaat Bunga Lavender (Lavandula afficinalis syn.L. angustifolia)

 Sering kita dengar bunga lavender yang digunakan untuk sebagai bahan campuran mewangian b Khasiat dan Manfaat Bunga Lavender (Lavandula afficinalis syn.L. angustifolia)
 Bunga Lavender (Lavandula afficinalis syn.L. angustifolia) 
Sering kita dengar bunga lavender yang digunakan untuk sebagai bahan campuran mewangian bahan dari sabun, obat nyamuk dan lain-lain. Tau kah kita sesungguhnya bunga lavender yang memiliki nama latin Lavandula afficinalis syn.L. angustifolia (Lamiaceae) ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Bunga lavender ini asalnya dari daerah dari Eropa, tepatnya di wilayah Perancis.
Bunga lavender ini Tumbuh baik di ketinggian 600 –1.350 m dpl. Bunga  Lavender merupakan tumbuhan semak pendek, banyak memiliki cabang dan dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian sekitar 60 sentimeter ( sekitar 24 inci ). Bunga lavender memiliki ciri batangnya bunga lavender ini berongga pada bagian batang bawah, bercabang , tegak, dan bertunas, bagian daun atas bunga lavender ini berwarna abu-abu hijau dan keperakan pada bagian bawah, berbentuk lonjong dan meruncing, serta menempel pada bagian bawah tanaman.
Kandungan Bunga Lavender :
  1. Linalool asetat
  2. Monoterpene Hidrokarbon.
  3. Camphene.
  4. Alokasi-ocimene.
  5. Limonene.
  6. Geraniol.
  7. Lavandulol.
  8. Nerol.
Khasiat dan Manfaat Bunga Lavender :

  1. Insomnia, 
  2. Alopecia (kerontokan rambut)
  3. Kecemasan,
  4. Depresi
  5. Kelelahan
  6. Stres, 
  7. Bau mulut
  8. Nyeri pasca operasi.
  9. Antibakteri 
  10. Antivirus.
  11. Obat penenang ringan
  12. Mengendorkan dan melemaskan sistem kerja urat-urat syaraf dan otot-otot yang tegang