Manfaat dan Khasiat Kantong Semar

 spesies dan belum terhitung hibrida alami ataupun buatan Manfaat dan Khasiat Kantong Semar
Kantong semar ( Kantong semar, bahasa Inggris : Tropical pitcher plant ) merupakan salah satu tanaman unik , yang terhitung dalam familia monotipik, terdiri dari 130 spesies dan belum terhitung hibrida alami ataupun buatan. Genus ini adalah tumbuhan karnivora di lokasi tropis Dunia Lama, saat ini mencakup negara Indonesia, Republik Rakyat Cina sisi selatan, Indochina, Malaysia, Filipina, Madagaskar sisi barat, Seychelles, Kaledonia Baru, India, Sri Lanka, dan juga Australia. 
Habitat Kantong Semar banyak di jumpai di pulau Kalimantan dan Sumatra. Tumbuhan ini dapat mencapai tinggi 15-20 m dengan cara memanjat tanaman lainnya, walaupun ada beberapa spesies yang tidak memanjat. Pada ujung daun terdapat sulur yang dapat termodifikasi membentuk kantong, yaitu alat perangkap yang digunakan untuk memakan mangsanya (misalnya serangga, pacet, anak kodok) yang masuk ke dalam.
Biasanya, Kantong semar mempunyai tiga jenis wujud kantong, yakni kantong atas, kantong bawah, dan kantong roset. Kantong atas yaitu kantong dari tanaman dewasa, umumnya berupa corong atau silinder, tak mempunyai sayap, tak memiliki warna yang menarik, sisi sulur menghadap ke belakang dan bisa melilit ranting tanaman lain, kantong atas seringkali menangkap hewan yang terbang layaknya nyamuk atau lalat, kantong type ini jarang apalagi tak didapati pada sebagian spesies, perumpamaannya N. ampullaria. Kantong bawah yaitu kantong yang dihasilkan di bagian tanaman muda yang umumnya tergelatak diatas tanah, mempunyai dua sayap yang berperan sbg alat bantu untuk serangga tanah layaknya semut utk memanjat mulut kantong dan selanjutnya tercebur dlm cairan berenzim didalamnya, adapun kantong roset, mempunyai wujud yang sama layaknya kantong bawah, tetapi kantong roset tumbuh di bagian daun berupa roset, perumpamaan spesies yang mempunyai kantong type ini yaitu N. ampullaria dan N. gracilis. Sebagian tanaman kadang-kadang mengeluarkan kantong sedang yang berupa layaknya campuran kantong bawah dan kantong atas.
Manfaat dan Khasiat Kantong Semar Bagi Kesehatan :
  • Obat penghancur batu ginjal
  • Obat sakit perut
  • Obat Batuk
  • Sumber air minum jika di dalam hutan
  • Luka bakar 
  • Menyembuhkan sakit mata.
Gunakan lah tanaman ini secara keperluannya saja . Karena tanaman ini termasuk tanaman langka 27 spesies diantaranya terancam punah, karena kurangnya kesadaran masyarakat untuk mengembangbiakannya karena biasanya tanaman ini diambil langsung dari alam tanpa proses pengembangbiakkan dan ketidak mauan masyarakat untuk melestarikannya padahal tanaman ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan berbagai manfaat di dalamnya.