Manfaat dan Khasiat Tanaman Tali Putri (Cassytha Filiformis L.)

 Tanaman tali putri adalah tanaman parasit yang menempel pada tanaman lain Manfaat dan Khasiat Tanaman Tali Putri (Cassytha Filiformis L.)
Tanaman Tali Putri (Cassytha Filiformis L.)
Deskripsi Tanaman Tali Putri 
Tanaman tali putri adalah tanaman parasit yang menempel pada tanaman lain. Tanaman tali putri biasanya kita temukan di ladang, tepi hutan dan lain-lain. Nama latin tanaman tali putri ialah Cassytha Filiformis L.Tanaman tali putri ini memiliki ciri-ciri memiliki banyak akar pada setiap bagian tanamannya mirip seperti rambut yang berwarna kuning. Kegunaan dan Fungsi tanaman tali putri ini bagi sebagian dari masyarakat kita dianggap sebagai tanaman penggangu karena yang sifatnya yang parasit menutupi tanaman lain. Namun yang tidak kita ketahui ternyata tanaman tali putri ini memiliki manfaat dan khasiat  berbagai macam
Nama Daerah Tanaman Tali Putri 
Jawa : Tali Putri
Sunda : Sangga langit
Klasifikasi Tanaman Tali Putri 
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Magnoliidae
Ordo: Laurales
Famili: Lauraceae
Genus: Cassytha
Spesies: Cassytha filiformis L.
Anatomi dan Morfologi Tanaman Tali Putri 
Tanaman tali putri merupakan tanaman yang termasuk dalam salah satu jenis keluarga tanaman  Lauracea. Tanaman tali putri ini termasuk tanaman parasit yang cara hidupnya menempel dan membelit pada tanaman lain. Tanaman tali putri tumbuhnya merambat yang memiliki ukuran pajang berserabut. Batang tanaman tali putri memiliki ukuran yang kecil berbentuk seperti tali yang kusut bercabang banyak panjangnya dapat mencapai 8 m. Batang tanaman tali putri ini berwarna kuning, coklat dan kadang hijau yang mana pada batangnya ini terdapat alat hisap yang digunakan untuk mengambil makanan dari tanaman lain yang menjadi inangnya. Daun tanaman tali putri ini kecil yang mana seperti sirip. Bunga tanaman tali putri berwarna putih kekuningan, berbentuk bulir  dengan posisi tegak. Buah tanaman tali putri ini buni berbentuk bulat dan mudah rontok. Tanaman tali putri persebarannya di daerah tropis yang mana syarat hidupnnya intensitas curah hujan dan cahaya matahari yang cukup. Habitat tanaman tali putri berada pada dataran rendah hingga pada daerah yang memiliki ketinggian 1.200 m diatas permukaan laut. Tanaman tali putri berkembang biak dengan cara menggunakan bijinya.
Kandungan Tanaman Tali Putri 
Tanaman tali putri mengandung alkoloid, saponin, zat lendir, gula, alkohol dulsitol.
Manfaat dan Khasiat Tanaman Tali Putri  Untuk Kesehatan
  1. Tanaman tali putri berguna untuk mengobati sakit cacingan.
  2. Tanaman tali putri digunakan untuk menyembuhkan sakit perut.
  3. Tanaman tali putri bermanfaat untuk menyembuhkan sakit lambung.
  4. Tanaman tali putri berkhasiat sebagai obat sakit borok.
  5. Tanaman tali putri digunakan untuk menyuburkan rambut.
Catatan
Konsumsilah herbal tanaman tali putri ini dengan bijak dan sesuai takaran.